Tuesday 26 June 2018

NixNote, Evernote Client Untuk Linux

Tags

NixNote, Evernote Client Untuk Linux - Pengguna distro Linux memang tidak dapat install evernote karena sampai saat ini, aplikasi ini tidak tersedia untuk Linux, hanya tersedia untuk Windows dan MacOS saja. Namun, anda dapat menggunakan aplikasi lain yang sejenis yang merupakan client dari evernote, sehingga anda dapat melakukan sinkronasi akun evernote yang anda miliki.

Ada beberapa evernote client yang bisa kita pakai, salah satunya yaitu NixNote. Anda dapat menginstall NixNote dengan cara download file installer NixNote yang berupa paket DEB kemudian anda install pada distro Linux yang anda pakai yang menggunakan jenis paket installer DEB, yaitu distro Linux Debian, Ubuntu, Linux Mint dan distro Linux turunan dari Debian dan Ubuntu.

NixNote merupakan aplikasi free dan open source, yang bisa kita pakai secara gratis. Aplikasi ini dirancang untuk membuat catatan yang tertata dengan rapi. Sangat cocok bagi anda yang sering membuat catatan untuk aktivitas anda sehari-hari.

NixNote tidak hanya dapat membuat catatan teks saja, anda juga dapat menyisipkan file dan gambar untuk melengkapi catatan yang anda buat. Sampai saat ini, NixNote tersedia untuk sistem operasi komputer Linux dan Windows.


NixNote, Evernote Client Untuk Linux

NixNote, Evernote Client Untuk Linux


NixNote tidak terdapat di repository resmi distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Anda dapat menggunakan file .deb yang bisa anda unduh yang kemudian anda pakai untuk melakukan instalasi NixNote. Berikut ini cara install NixNote Di Linux :

1. Download NixNote

Download NixNote pada alamat situs web berikut ini : https://sourceforge.net/projects/nevernote/files/?source=navbar .

NixNote, Evernote Client Untuk Linux

Selain itu, anda juga dapat download NixNote dengan mengetikan perintah teks berikut ini pada terminal Linux :

wget https://sourceforge.net/projects/nevernote/files/latest/download?source=files

2. Install NixNote

Kita dapat menjalankan file .deb menggunakan aplikasi installer (grafis) atau bisa juga melalui terminal Linux. Kali ini saya akan mencoba menginstall NixNote melalui terminal Linux. Jalankan file manajer (Nautilus, Nemo, Thunar atau yang lainnya sesuai dengan desktop environment yang anda pakai). Lalu buka lokasi tempat menyimpan file NixNote hasil download. Klik kanan pada tempat kosong lalu pilih Buka di terminal (open in terminal).

Setelah itu jalankan perintah teks :

sudo dpkg -i nixnote.deb

*sesuaikan nama file nixnote.deb dengan file hasil download.

Bila terdapat error dependency, :

dpkg: dependency problems prevent configuration of nixnote2:
nixnote2 depends on libpoppler-qt5-1; however:
Package libpoppler-qt5-1 is not installed.
nixnote2 depends on libqt5sql5; however:
Package libqt5sql5 is not installed.
nixnote2 depends on libqt5sql5-sqlite; however:
Package libqt5sql5-sqlite is not installed.
nixnote2 depends on libqt5xml5; however:
Package libqt5xml5 is not installed.
nixnote2 depends on libqt5webkit5; however:
Package libqt5webkit5 is not installed.
nixnote2 depends on libpng12-0; however:
Package libpng12-0 is not installed.
nixnote2 depends on tidy; however:
Package tidy is not installed.
nixnote2 depends on libcurl3; however:
Package libcurl3 is not installed.

Jalankan perintah teks di bawah ini :

sudo apt-get install -f

Setelah proses instalasi NixNote berjalan dengan baik, anda dapat menjalankan aplikasi evernote client ini untuk membuat berbagai catatan yang akan membantu anda dalam mengelola pekerjaan anda.

Contoh di atas menggunakan distro Linux Debian, NixNote dapat di install dengan baik pada distribusi Linux Mint, Ubuntu dan Debian.

3. Menjalankan NixNote

Silahkan buka Menu Komputer untuk menjalankan NixNote, atau anda juga dapat menjalankan aplikasi ini dengan mengetikan perintah teks nixnote2 di terminal Linux

Menggunakan Evernote Di Linux (Sinkronasi NixNote dengan Evernote)


Setelah berhasil menjalankan NixNote dengan baik, selanjutnya, kita dapat melakukan sinkronasi antaran NixNote dan evernote. Selain untuk membuat catatan, NixNote memang dapat disinkronasi dengan evernote. Untuk itulah aplikasi ini juga dinamakan evernote client. Anda dapat melakukan sinkronasi NixNote dan evernote dengan cara yang cukup mudah.

Sebelumnya pastikan anda sudah memiliki akun evernote, bila anda belum memiliki akun evernote, silahkan anda buat terlebih dahulu melalui web browser. Tujuan melakukan sinkronasi akun evernote dengan NixNote yaitu untuk memudahkan kita saat menulis catatan di evernote tanpa perlu login ke akun evernote menggunakan web browser (online).  Cukup menggunakan aplikasi NixNote yang sudah kita install di sistem operasi komputer yang kita pakai.

NixNote, Evernote Client Untuk Linux

  • Klik pada tombol Sync di toolbar menu NixNote atau klik pada menu Tools > Synchronize, bisa juga dengan menggunakan tombol F9.
  • Setelah itu, anda akan diminta Login ke akun evernote yang sudah anda buat sebelumnya. Silahkan masukan user_name atau alamat email dan password evernote. Setelah itu anda akan diminta untuk melakukan otorisasi, klik pada tombol Autorisasikan.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses sinkronasi selesai, sekarang apa yang anda catat di evernote dapat anda lihat di NixNote, demikian sebaliknya.

Sampai disini anda sudah dapat menggunakan Evernote di Linux, yaitu melalui NixNote yang merupakan evernote client yang berbasis open source dan dapat dipergunakan secara gratis.

Demikian mengenai cara menggunakan evernote di Linux melalui NixNote, Evernote Client Untuk Linux. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon