Tuesday 31 October 2017

5 Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office OFFLINE

Tags

Aplikasi Office Gratis  - Menggunakan Aplikasi Office gratis merupakan suatu pilihan yang tepat bila kita tidak ingin atau enggan untuk mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar lisensi Aplikasi Perkantoran seperti misalnya Microsoft Office. Bila anda adalah pengguna distro Linux, mungkin akan lebih suka menggunakan aplikasi berbasis open source yang sebagian besar dapat dipakai secara gratis.

Aplikasi perkantoran (Office) menjadi salah satu aplikasi paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer. Tentu saja, setiap pengguna komputer pasti sering melakukan aktivitas membuat dokumen word, spreadsheet (exel) dan presentation. Bila kita sering melakukan hal tersebut, tentu kita membutuhkan aplikasi yang mampu melakukannya dengan baik. Banyak aplikasi perkantoran yang tersedia gratis yang bisa kita pakai, secara ONLINE maupun OFFLINE. Lima diantaranya adalah yang akan saya uraikan pada artikel ini, semoga dapat menjadi alternatif terbaik untuk microsoft office OFFLINE.

Bila kita terbiasa menggunakan Aplikasi Perkantoran Microsoft Office pada sistem operasi Windows dan ingin beralih menggunakan software office gratis, tentu harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu. Biasanya bila kita sudah menggunakan satu Aplikasi Perkantoran, enggan untuk menggunakan Aplikasi Perkantoran lainnya. Hal ini disebabkan karena, seperti yang sudah saya sebutkan tadi yaitu mempelajari lagi cara penggunaan Aplikasi Perkantoran yang baru. Meskipun demikian, bila kita sudah bisa menggunakan satu aplikasi perkantoran, tidak perlu waktu lama untuk menggunakan aplikasi office yang lainnya.

5 Aplikasi Office Gratis Sebagai Alternatif MS Office

Banyaknya aplikasi perkantoran gratis yang tersedia untuk komputer desktop/pc dan smartphone/ponsel. Baik itu yang menggunakan sistem Linux, Windows, Mac OS X, Android maupun iOS. Hal ini tentu menjadikan kita memiliki banyak pilihan aplikasi perkantoran gratis untuk komputer desktop/pc dan smartphone (android, ios) .

Meskipun berlabel gratis, bukan berarti tidak berkualitas, bahkan beberapa diantaranya memiliki peforma yang sebanding atau lebih baik dari aplikasi perkantoran berbayar. Berikut ini 5 Aplikasi Office Gratis Pengganti Microsoft Office :

1. LibreOffice


Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office OFFLINE

Pengguna distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi perkantoran (Office) yang satu ini. LibreOffice merupakan aplikasi perkantoran default sistem di berbagai distro Linux populer termasuk Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Sampai saat ini LibreOffice sudah mencapai versi 5.4.2. LibreOffice memiliki fiture yang cukup lengkap dan dapat kita jadikan sebagai pengganti Microsoft Office. Kualitas LibreOffice bisa kita bandingkan dengan Microsoft Office.

LibreOffice dapat kita gunakan secara gratis di sistem Linux, Windows dan Mac Os X. Meskipun gratis, LibreOffice memiliki fiture yang cukup lengkap, bagi anda yang sedang mencari aplikasi perkantoran gratis yang sebanding dengan office berbayar, LibreOffice merupakan pilihan yang tepat dan anda dapat menggunakannya secara gratis.

https://www.libreoffice.org/download/download/


Platform : Linux, Windows, OS X, FreeBSD

2. Apache OpenOffice


Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office OFFLINE

Aplikasi perkantoran yang satu ini memiliki dasar yang sama dengan LibreOffice, namun dikembangkan oleh pihak yang berbeda. Sebelumnya, OpenOffice merupakan aplikasi perkantoran berbasis open source paling populer dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan, tentu saja termasuk pengguna distro Linux. Namun, setelah OpenOffice diakuisisi oleh Oracle, sebagian kode sumbernya sudah tidak dibebaskan lagi dan beberapa fiture OpenOffice juga sudah dikomersilkan. Sekarang nama OpenOffice sudah berganti menjadi Apache OpenOffice.

Meskipun demikian, kita masih dapat menggunakannya secara gratis untuk sistem komputer yang kita pakai. Hanya saja, sebagian penggunya mungkin sudah beralih ke LibreOffice setelah OpenOffice dibeli oleh Oracle.

https://www.openoffice.org/download/

Platform : Linux, Windows, OS X, FreeBSD

3.  Calligra Office Suite


Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office OFFLINE

Calligra merupakan aplikasi perkantoran gratis yang ditujukan untuk desktop KDE. Meskipun demikian, Calligra dapat berjalan dengan baik di berbagai desktop environment Linux lainnya. Calligra tidak hanya membawa komponen Office saja, melainkan disertakan juga aplikasi pengolah gambar vektor dan pembuat diagram alir “flow chat”  untuk keperluan pembuatan perangkat lunak komputer. Tampilannya memang berbeda dengan Office lainnya, meskipun berlabelkan aplikasi gratisan, Calligra memiliki fiture yang cukup lengkap dan bila anda sedang mencari aplikasi office gratis “full feature”, Calligra bisa anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas pembuatan dokumen perkantoran.

Calligra menggunakan jenis format ODF (Open Document Format) sebagai format default dokumen yang dihasilkan sama seperti LibreOffice. Namun, Calligra tetap support dengan format Microsoft Office dan dapat mengedit file yang disimpan dengan Microsoft Office. Calligra tidak hanya dapat berjalan di komputer desktop saja, namun dapat juga digunakan pada perangkat “smartphone” atau “tablet”.

https://www.calligra.org/

Platform : Linux, Windows, OS X, FreeBSD, Android

4. Gnome Office


Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office OFFLINE

Gnome Office hadir sebagai aplikasi Office gratis yang ringan dan simpel. Meskipun fiture yang di tawarkan tidak sebanyak LibreOffice, Apache OpenOffie dan Calligra Office Suite,  Gnome Office merupakan salah satu aplikasi perkantoran favorit pengguna open source. Pasalnya aplikasi ini memang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan Office bagi pengguna desktop berbasis Gnome. Dibandingkan aplikasi Office lainnya, Gnome Office lebih ringan berjalan di sistem komputer. Aplikasi ini cocok bagi anda yang menggunakan sistem operasi Linux dengan spesifikasi hardware rendah.

Standard komponen dari Gnome Office terdiri dari :

  • Abiword (dokumen word)
  • Gnumeric (spreadsheet)
  • Ease (presentation)
  • Evolution (mail client)
  • Inkscape (vektor grafis)
  • Evince ( penampil dokumen)

Semuanya dapat kita install secara terpisah, artinya semua paket aplikasi tersebut dapat kita install secara sendiri-sendiri. Misalnya, kita hanya ingin install untuk aplikasi pengolah kata saja (abiword), maka cukup install Abiword saja tanpa perlu install yang lainnya. Supaya lebih lengkap, install pula plugin untuk Abiword.

sudo apt-get install abiword abiword-plugin-grammer


Platform : Linux

5. WPS Office


Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office OFFLINE

Bila anda sedang mencari aplikasi perkantoran gratis dengan tampilan mirip Microsoft Office, sangat tepat bila pilihan anda jatuh pada WPS Office. Tidak hanya tampilannya saja yang mirip, WPS Office sepenuhnya kompatible dengan Microsoft Office. Kita dapat mengedit file hasil Microsoft Office dengan baik menggunakan aplikasi perkantoran ini.

Fiture yang ditawarkan oleh WPS Office juga cukup lengkap. Tampilannya yang mirip dengan Microsoft Office akan memudahkan kita yang ingin beralih dari MS Office ke aplikasi perkantoran gratis WPS Office. Aplikasi ini dibuat oleh pengembang asal tiongkok yang berbasis di Zhuhai. Sebelumnya WPS Office bernama Kingsoft Office.

https://www.wps.com/


Platform : Linux, Windows, Ios, Android

Selain 5 aplikasi office gratis di atas, beberapa software perkantoran lainnya yang bisa kita pakai secara OFFLINE yaitu : OnlyOffice, Softmaker FreeOffice, iWork (Apple) dan lain-lain.

Kesimpulan

Meskipun berlabel gratis, fiture yang ditawarkan Aplikasi Office tersebut tidak kalah dengan Office berbayar. Aplikasi Office gratis ini cocok bagi anda yang sedang bersekolah, kuliah atau bekerja di bidang perkantoran. Secara umum banyak dari mereka yang memilih LibreOffice yang didukung oleh komunitas yang cukup besar. Menggunakan Office gratis tentu lebih baik bila dibandingkan menggunakan aplikasi Office hasil “Crack” (bajakan). Demikian 5 aplikasi gratis penganti Microsoft Office untuk desktop komputer, laptop, netbook dan smartphone.


EmoticonEmoticon