Wednesday 7 December 2016

Update Dan Upgrade Google Chrome Terbaru Di Linux Mint 18

Tags

Update Chrome Di Linux Mint - Memperbarui Google Chrome di sistem Linux Mint dapat kita lakukan untuk memperoleh versi terbaru dari Web Browser Chrome. Dengan melakukan upgrade Google Chrome, kita dapat menggunakan fiture-fiture terbaru dan sistem keamanan yang lebih baik untuk kenyamanan dan kelancaran kita dalam menjelajah berbagai situs web melalui jaringan internet.

Setelah sebelumnya saya memposting mengenai cara upgrade Mozilla Firefox dan cara memperbarui Opera Browser di sistem Linux Mint, kini saya akan berbagi mengenai cara update dan upgrade Google Chrome versi terbaru di Linux Mint 18 “Sarah”.  Sebenarnya cara upgrade aplikasi di sistem Linux Mint semuanya sama, yaitu dengan melakukan update paket aplikasi terlebih dahulu dengan perintah sudo apt-get update dan setelah itu baru melakukan pembaruan dengan menggunakan perintah yang sama seperti saat kita memasang aplikasi, sudo apt-get install  di terminal linux.

Google Chrome merupakan salah satu peramban situs web terkemuka buatan dari Google Inc. Yang merupakan peramban situs web terpopuler saat ini berdampingan dengan Firefox Browser dan Opera Browser. Ketiga peramban situs web inilah yang banyak digunakan oleh para pengguna internet untuk melakukan berbagai aktifitas browsing di dunia maya. Tidak hanya untuk pc, ketiga Web Browser tersebut juga tersedia bagi pengguna ponsel pintar seperti android, iphone maupun windows phone.

Google Chrome bukan merupakan Web Browser default sistem Linux Mint dan kita dapat menggunakan Web Browser yang kaya akan fiture dan ekstensi ini dengan melakukan instal google chrome di linux mint. Setelah itu baru kita dapat menggunakan Chrome sebagai alternatif dari Firefox Browser atau bisa juga kita menjadikan Google Chrome sebagai Web Browser default sistem melalui pengaturan Chrome.

Linux Mint sebagai disto linux paling populer saat ini yang merupakan turunan distro Linux Ubuntu dan Debian dapat di instal beberapa atau banyak Web Browser di dalam satu sistem dan semuanya dapat digunakan secara berdampingan. Bila kita bosan atau ingin berganti Web Browser kita tinggal memilih salah satu dari Web Browser yang terinstal di dalam sistem Linux Mint. Begitu pula dengan Google Chrome, sebagai Web Browser terkemuka dengan antarmuka yang menyenangkan, ringan dan gesit ini dapat kita sandingkan dengan Firefox Browser yang merupakan Web Browser default sistem Linux Mint. Banyak sekali varian dari distro linux yang bisa kita gunakan. Kita dapat memilih beberapa distro linux terbaik untuk laptop atau komputer pc sebelum menggunakannya sebagai sistem operasi komputer yang kita miliki.

Update Dan Upgrade Google Chrome Terbaru Di Linux Mint 18

Memperbarui Google Chrome Ke Versi Terbaru Di Linux Mint


Setelah menginstal Google Chrome di sistem Linux Mint, kita dapat terus mendapatkan update versi terbaru dari Google Chrome dengan cara memperbarui Chrome ke versi paling anyar. Mungkin Google Chrome adalah salah satu Web Browser yang paling sering mengeluarkan update terbaru jadi, kita harus sering-sering melihat pembaruan paket aplikasi bila ingin terus menggunakan Google Chrome versi yang terbaru.

A. Menggunakan Manajer Pembaruan (Update Manager)


Manajer Pembaruan adalah aplikasi yang memang digunakan untuk memperbarui setiap aplikasi/program yang terinstal di sistem Linux Mint. Ini adalah salah satu daya tarik bagi Linux Mint, dengan memiliki banyaknya aplikasi yang menggunakan perintah grafis, membuat distro Linux Mint menjadi pilihan terbaik bagi kita yang ingin belajar sistem Linux dan beralih dari sistem Windows ke Linux. Antarmuka distro Linux Mint sangat menyenangkan dan hampir semua perintah sudah menggunakan antarmuka grafis yang enak dilihat dan tersedia juga beragam tema menarik yang bisa kita ubah sesuai selera masing-masing.

Linux Mint Cinnamon merupakan edisi Linux Mint yang memiliki tampilan paling menarik dimana lingkungan desktop Cinnamon dibuat oleh pengembang Linux Mint sendiri. Cinnamon merupakan identitas dari Linux Mint sebagai distro Linux yang rapi,  modern dan elegan. Selain itu terdapat juga edisi Mate yang stabil dan ringan berjalan di komputer, bisa digunakan untuk komputer dengan spesifikasi minimum dengan baik. Sementara edisi Xfce dan KDE merupakan desktop environment lainnya dari distro Linux Mint.

Update Dan Upgrade Google Chrome Terbaru Di Linux Mint 18 Dengan  Update Manager atau manajer pembaruan

1. Buka Aplikasi Manajer Pembaruan, bisa melalui applet atau Menu → Administrasi → Manajer Pembaruan

2. Klik tombol refresh/penyegaran untuk mendapatkan daftar update terbaru paket aplikasi yang terinstal di dalam sistem Linux Mint

3. Cari paket aplikasi dengan nama google-chrome-stable

4. Tampilkan semua informasi mengenai paket aplikasi google-chrome-stable dengan cara klik pada menu :

Tampilkan → Kolom – Kolom Terlihat → Centang Semuanya

5. Klik pada goole-chrome-stable untuk melihat informasi mengenai deskripsi, daftar perubahan, versi lama, versi baru dan ukuran file yang didwonload (saat diperbarui)

6. Biarkan google-chrome-stable tetap dalam keadaan Tercentang dan Uncentang semua paket aplikasi lainnya karena kita hanya akan melakukan upgrade Google Chrome saja

7. Klik pada tombol Instal Pembaruan

Setelah proses upgrade Google Chrome selesai, kita dapat cek versi Chrome yang baru saja kita perbarui. Buka peramban situs web Google Chrome melalui Menu → Internet → Chrome. Setelah itu pada Menu Google Chrome klik Bantuan → Tentang Google Chrome , disana akan terlihat versi dari Google Chrome yang sedang kita gunakan.

B. Menggunakan Terminal Linux


Cara lain yang bisa kita gunakan untuk melakukan update dan upgrade Google Chrome terbaru di Linux Mint adalah dengan menggunakan perintah berbasi teks melalui terminal linux. Memang kurang begitu disukai oleh pengguna baru distro linux namun, sebaiknya perlu dicoba karena bagi pengguna sistem linux yang sudah berpengalaman, banyak dari mereka yang lebih suka menggunakan terminal karena lebih cepat dalam mengeksekusi perintah. Sistem komputer juga berjalan lebih ringan dan tidak terlalu banyak menggunakan memori komputer karena teks lebih ringan bila dibandingkan dengan tampilan grafis (gambar).

1. Buka terminal linux (Ctrl+Alt+T)

2. Update paket aplikasi terlebih dahulu dengan mengetikan perintah di bawah ini :

sudo apt-get update

3. Cari aplikasi google-chrome-stable melalui menu pencarian di terminal (Ctrl+Shift+F) lalu ketik google-chrome-stable

4. Bila terdapat paket aplikasi google-chrome-stable berarti Google Chrome sudah mengeluarkan versi terbarunya dan kita dapat melakukan pembaruan pada Google Chrome

google-chrome-stable/stable 55.0.2883.75-1 amd64 [upgradable from: 52.0.2743.116-1]

Ternyata Google Chrome sudah mengeluarkan update terbarunya dan kita dapat memperbarui peramban situs web Google Chrome Stable dari versi 52.0.2743.116-1 ke versi 55.0.28883.75-1

5. Lihat terlebih dahulu informasi detail mengenai paket google-chrome-stable dengan mengetikan perintah:

apt show google-chrome-stable

apt show google-chrome-stable
Package: google-chrome-stable
Version: 55.0.2883.75-1
Priority: optional
Section: web
Maintainer: Chrome Linux Team
Installed-Size: 180 MB
Provides: www-browser
Pre-Depends: dpkg (>= 1.14.0)
Depends: gconf-service, libasound2 (>= 1.0.16), libatk1.0-0 (>= 1.12.4), libc6 (>= 2.11), libcairo2 (>= 1.6.0), libcups2 (>= 1.4.0), libdbus-1-3 (>= 1.1.4), libexpat1 (>= 2.0.1), libfontconfig1 (>= 2.9.0), libfreetype6 (>= 2.3.9), libgcc1 (>= 1:4.1.1), libgconf-2-4 (>= 2.31.1), libgdk-pixbuf2.0-0 (>= 2.22.0), libglib2.0-0 (>= 2.26.0), libgtk2.0-0 (>= 2.24.0), libnspr4 (>= 2:4.9-2~) | libnspr4-0d (>= 1.8.0.10) | libnspr4 (>= 4.9.5-0ubuntu0), libnss3 (>= 2:3.13.4-2~) | libnss3-1d (>= 3.12.4), libpango1.0-0 (>= 1.14.0), libstdc++6 (>= 4.8.0), libx11-6 (>= 2:1.4.99.1), libx11-xcb1, libxcb1 (>= 1.6), libxcomposite1 (>= 1:0.3-1), libxcursor1 (>> 1.1.2), libxdamage1 (>= 1:1.1), libxext6, libxfixes3, libxi6 (>= 2:1.2.99.4), libxrandr2 (>= 2:1.2.99.3), libxrender1, libxss1, libxtst6, ca-certificates, fonts-liberation, libappindicator1, libnss3 (>= 3.17.2), lsb-base (>= 4.1), xdg-utils (>= 1.0.2), wget
Download-Size: 46,1 MB
APT-Manual-Installed: yes
APT-Sources: http://dl.google.com/linux/chrome/deb stable/main amd64 Packages
Description: The web browser from Google
Google Chrome is a browser that combines a minimal design with sophisticated technology to make the web faster, safer, and easier

6. Upgrade Google Chrome dengan mengetikan perintah di bawah ini pada terminal linux :

sudo apt-get install google-chrome-stable

sudo apt-get install google-chrome-stable
Reading package lists... Done
Building dependency tree
Reading state information... Done
The following packages will be upgraded:
google-chrome-stable
1 upgraded, 0 newly installed, 0 to remove and 467 not upgraded.
Need to get 46,1 MB of archives.
After this operation, 10,4 MB disk space will be freed.
Get:1 http://dl.google.com/linux/chrome/deb stable/main amd64 google-chrome-stable amd64 55.0.2883.75-1 [46,1 MB]
Fetched 41,2 MB in 40s (1.012 kB/s)
(Sedang membaca basis data ... 239294 berkas atau direktori telah terpasang.)
Preparing to unpack .../google-chrome-stable_55.0.2883.75-1_amd64.deb ...
Unpacking google-chrome-stable (55.0.2883.75-1) over (52.0.2743.116-1) ...
Processing triggers for man-db (2.7.5-1) ...
Processing triggers for gnome-menus (3.13.3-6ubuntu3) ...
Processing triggers for desktop-file-utils (0.22-1ubuntu5) ...
Processing triggers for mime-support (3.59ubuntu1) ...
Sedang menata google-chrome-stable (55.0.2883.75-1) ...

7. Setelah proses pembaruan Google Chrome selesai, cek versi Chrome yang baru kita perbarui dengan mengetikan perintah :

google-chrome –version
Google Chrome 55.0.2883.75

Sekarang kita sudah dapat menggunakan Web Browser Google Chrome Terbaru di sistem Linux Mint. Berselancar di internet menjadi lebih baik dengan aplikasi Web Browser terkemuka Google Chrome versi stabil dan terupdate. Demikian cara update dan upgrade google chrome terbaru di Linux Mint semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon