Friday 30 December 2016

Mengenal Distro Linux Mint Dengan Modern Desktopnya

Linux Mint - Linux Mint merupakan salah satu distro linux modern yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan kita akan sebuah sistem operasi komputer. Linux Mint dikembangkan dalam sebuah tim dan komunitas aktif yang akan selalu siap membantu para pengguna Linux Mint ketika menemui masalah saat menggunakan Linux Mint. Sebagai distro linux paling populer saat ini, Linux Mint terus mengedepankan tampilan desktop yang modern dan elegan serta perbaikan sistem untuk menjadikan Linux Mint sebagai salah satu distro favorit para pengguna sistem linux. Kita dapat menggunakan Linux Mint pada tipe komputer x86 (32-bit) dan x64 (64-bit). Linux Mint dapat dianggap memiliki peran yang sama seperti Microsoft Windows, Apple Mac OS, dan BSD OS.

Mengenal Distro Linux Mint Dengan Modern Desktopnya

Mengenal Linux Mint


Linux Mint juga dirancang untuk bekerja bersama (dualboot) dengan sistem operasi lainnya (termasuk yang tercantum di atas), dan secara otomatis dapat mengatur dual boot atau multi-boot (di mana pengguna diminta untuk memlih sistem operasi pada setiap boot- up) selama instalasi.

Linux Mint pertama kali diperkenalkan oleh Clement Lefebvre pada tahun 2006 dan dikembangkan secara aktif oleh tim pengembag Linux Mint beserta komunitas yang ada. Meskipun termasuk OS yang baru, tetapi Linux Mint dibangun dengan konsep yang matang dan terjamin kualitasnya, termasuk dalam kernel Linux, perlengkapan GNU dan Cinnamon Dekstop. Linux Mint dirilis dengan menggandeng Ubuntu dan Debian sebagai sistem dasarnya.

“Linux Mint adalah sistem operasi yang handal bagi individu maupun perusahaan”

Proyek Linux Mint berfokus untuk membuat desktop lebih bermanfaat dan lebih efisien dalam pengerjaan tugas sehari-hari yang dilakukan oleh pengguna biasa terutama untuk pemula pengguna Linux. Didalam repository Linux Mint sendiri terdapat banyak koleksi software yang terintegrasi baik dengan pelayanan sistem yang tersedia. Linux Mint mengalami “peningkatan pesat dalam popularitas dan semakin banyak orang menggunakannya setiap hari.”

Tim Utama Pengembang Linux Mint (Leaders) :

Negara Nama 
Team
PrancisClement Lefebvre "Clem" Overal project and development team
Luksemburg Vincent Vermeulen "Xenopeek" Administration and moderation teams
Britania Raya Suzanne "Oscar799" Administration and moderation teams

Tujuan Dari Linux Mint


Tujuan dari Linux Mint adalah untuk menyediakan sistem operasi desktop dimana pengguna rumahan (pribadi) dan perusahaan dapat menggunakanya tanpa biaya, efisien, mudah digunakan, dan se-elegan mungkin. Salah satu ambisi dari proyek Linux Mint adalah untuk menjadi sistem operasi terbaik yang memudahkan manusia dalam menggunakan teknologi canggih, bukan dengan menyederhanakan mereka (mengurangi kemampuan mereka), atau dengan menyalin pendekatan yang diambil oleh pengembang lain.

Hal ini akan memotivasi untuk mengembangkan ide kita sendiri dengan menghasilkan desktop yang ideal. Kami berpikir bahwa yang terbaik adalah untuk membuat sebagian besar dari teknologi modern yang ada di Linux dan membuatnya mudah bagi semua orang untuk menggunakan fitur yang paling canggih.

Nomor Versi Dan Nama Kode Linux Mint


Nomor versi dan namakode mengikuti logika yang unik di Linux Mint. Namakode merupakan cara untuk merujuk pada versi Linux Mint supaya terdengar lebih akrab dan mudah di ingat daripada menggunakan nomor versi.

Sejak versi 5, Linux Mint telah mengikuti siklus rilis 6 bulan dan menggunakan skema versi sederhana. Nomor versi hanya akan bertambah setiap 6 bulan. Jika revisi dibuat untuk rilis tertentu, nomor versinya mendapat kenaikan revisi minor. Misalnya 3 menjadi 3,1. Namakode di Linux Mint selalu nama wanita yang berakhir dengan a. Mereka mengikuti urutan abjad dan huruf pertama dari nama kode sesuai dengan indeks nomor versi dalam alfabet. Sejauh ini Linux Mint telah menggunakan Nama Kode sebagai berikut:

Versi Nama Kode
1.0 Ada
2.0 Barbara
2.1 Bea
2.2 Bianca
3.0 Cassandra
3.1 Celena
4.0 Daryna
5 Elyssa
6 Felicia
7 Glora
8 Helena
9 Isadora
10 Julia
11 Katya
12 Lisa
13 Maya
14 Nadia
15 Olivia
16 Petra
17 Qiana
17.1 Rebecca
17.2 Rafaela
17.3 Rosa
18 Sarah
18.1 Serena

Edisi Linux Mint


Linux Mint memiliki empat edisi utama yaitu Cinnamon, Mate, Xfce dan Kde ditambah satu edisi khusu yaitu Debian Edition. Edisi adalah rilis dari Linux Mint yang disesuaikan untuk mengatasi satu set tertentu dari kebutuhan.

Jika kita tidak tahu lebih lanjut mengenai sifat – sifat tiap edisi, kita dapat menggunakan Edisi Mate (terutama untuk komputer dengan spek hardware rendah). Edisi ini tidak sepopuler Edisi Cinnamon tetapi kompatibel dengan berbagai macam spesifikasi hardware. Cinnamon merupakan edisi Linux Mint yang menggunakan lingkungan desktop hasil karya tim linux mint sendiri yaitu Cinnamon dengan tampilan desktop yang elegan dan lebih modern. Bila kita menginginkan desktop dengan tampilan grafis yang baik, cantik, modern dan elegan, gunakanlah edisi Cinnamon.

Dimana menemukan bantuan ?

Komunitas Linux Mint sangat membantu dan sangat aktif. Jika kita memiliki pertanyaan atau masalah yang berkaitan dengan Linux Mint, kita bisa  mendapatkan bantuan dari pengguna lainnya secara online.

Kita dapat mendaftar di Forum Linux Mint untuk melakukan chatting dengan pengguna lain yang terhubung ke ruang IRC chat. Kita dapat menggunakan aplikasi Hexchat untuk melakukan pembicaraan dengan komunitas Linux Mint. Jika kita menggunakan sistem operasi selain Linux Mint atau klien IRC lain pastikan untuk terhubung ke server irc.spotchat.org dan bergabung dengan saluran # LinuxMint-bantuan dan # LinuxMint-chat.

Linux Mint menggunakan Ubuntu1 repositories2 (arti lebih lanjut tentang hal ini akan dijelaskan kemudian) dan sepenuhnya kompatibel sistem Linux Mint. Bisa dikatakan bahwa, sebagian besar sumber daya, artikel, tutorial, dan perangkat lunak yang dibuat untuk Ubuntu juga bekerja untuk Linux Mint. Jika kita tidak dapat menemukan bantuan pada subjek tertentu, pastikan untuk mencarinya pada subjek yang sama untuk Ubuntu.

“Ubuntu sendiri adalah adalah distro linux yang berbasis Debian dan didistribusikan menggunakan lisensi GNU / Linux”

Repositori adalah layanan online di mana perangkat lunak disimpan dan tersedia untuk sistem operasi dalam hal keperluan menginstal dan update perangkat lunak. Kebanyakan sistem operasi berbasis GNU / Linux menggunakan repositori yang  melalui HTTP atau FTP untuk menginstal dan meng-upgrade perangkat lunak sistem yang digunakan.

Cara Mendapatkan Dan Menggunakan Linux Mint


Setelah mengetahui sedikit gambaran mengenai Linux Mint, mungkin kita tertarik untuk mencoba atau menggunakan sistem operasi Linux mint di perangkat komputer/laptop. Kita dapat megunjungi situs web Linux mint untuk mendapatkan (download) file ISO Linux Mint. Setelah itu kita dapat membuat cd atau flashdisk installer Linux mint lalu pasang/instal Linux mint di perangkat komputer/laptop yang kita miliki.

Linux mint merupakan sistem operasi linux dengan tampilan yang baik. Cara menggunakannya pun cukup mudah dan sangat cocok bagi yang baru pertama kali menggunakan Linux atau yang ingin beralih dari sistem  windows ke Linux. Tidak seperti distro linux pada umumnya, Linux Mint merupakan distro linux yang membawa aplikasi paling lengkap pada proses instalasinya, bisa dikatakan Linux Mint merupakan distro linux siap pakai dengan berbagai perangkat lunak multimedia, perkantoran, editor grafis dan lain sebagainya.

Beragam tema yang menarik akan membuat pengguna sistem Linux mint tidak jenuh dan bosan dengan tampilan tema yang monoton membuat Linux Mint menjadi salah satu distro linux yang paling digemari saat ini, terutama edisi Cinnamon. Penggunaan perintah grafis jelas lebih banyak disukai oleh mereka yang baru menggunakan Linux mint, namun penggunaan perintah teks melalui terminal (dalam windows disebut command prompt) jauh lebih cepat dalam mengeksekusi program dan aplikasi di Linux mint. Baik perintah grafis dan teks keduanya disediakan secara apik di Linux mint.

Kesimpulan


Linux mint merupakan salah satu distro linux yang paling populer saat ini, bahkan semakin hari semakin banyak yang menggunakan Linux mint. Sangat cocok bagi pengguna baru sistem linux dan cara pengoperasiannya juga mudah dengan dilengkapi perintah grafis yang sangat baik pada lingkungan desktopnya terutama desktop Cinnamon. Demikian sekilas tentang Linux mint, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita mengenai distro linux yang elegan ini.

1 komentar so far

LINUX MINT !!!
cool, my pc run faster than before
you should try it


EmoticonEmoticon