Wednesday 28 September 2016

Cara Menambahkan Skin Audacious Di Linux Mint

Menambah Skin Audacious - Audacious merupakan salah satu media player Linux yang banyak memiliki tema skin (kulit) seperti winamp. Audacious memiliki dua tema tampilan default yaitu GTK dan Winamp Classic. Beberapa skin winamp classic pun ikut disertakan sebagai skin default Audacious-Winamp Classic.

Beberapa pengembangpun membuat skin audacious dengan tampilan yang lebih bervariasi. Salah satu situs web yang menyediakan skin Audacious dengan beragam warna adalah deviantart. Kita dapat mengunduh dan memasang tema skin tersebut sebagai skin Audacious.

Banyak pengguna sistem Linux yang memakai Audacious sebagai media player favoritnya. Selain memiliki tampilan seperti winamp, Audacious merupakan perangkat lunak yang berlisensi bebas (open source) yang berfokus pada penggunaan sumber daya komputer yang rendah, sehingga menghemat konsumsi daya (terutama untuk laptop). Audacious juga mengedepankan pada kualitas suara yang tinggi dan mendukung berbagai jenis format. Maka dari itu, media player ini cocok bagi kita yang sedang mencari pemutar musik yang ringan berjalan di komputer, memiliki tampilan seperti winamp serta kualitas suara yang baik.

Paket aplikasi Audacious sudah tersedia di repository Linux mint, jadi kita tidak perlu menambahkan ppa dari pihak ke tiga, kita tinggal memasangnya melalui Pengelola Perangkat Lunak atau Ketik perintah teks di bawah ini pada terminal Linux (ctrl-alt-t) :

sudo apt-get install audacious

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Audacious, silahkan anda kunjungi situs web audacious-media-player.org

Cara Menambahkan Skin Audacious Music Player Di Linux Mint

Cara Menambahkan Skin Audacious Di Linux Mint


Sebenarnya untuk menambahkan skin Audacious dapat dilakukan dengan cukup mudah, kita tinggal download skin lalu pasang (salin & tempel) ke dalam folder ~/usr/share/audacious/skin. Setelah itu tema dapat langsung di terapkan pada pemutar musik Audacious.

Berikut ini adalah beberapa tema Audacious yang menurut saya cukup menarik untuk menambah koleksi tema skin Audacious.
  1. ACID
  2. Allbook-Full
  3. Jah Rasta man
  4. Debian-Joy-Teste
  5. Fedora
Berikut ini cara menambahkan tema skin Audacious di Linux mint, saya coba uraikan secara lebih lengkap :

A. Download tema skin Audacious

Biasanya tema skin Audacious merupakan paket yang terkompresi dengan ekstensi WSZ (Winamp SkinZip) yang merupakan tema skin untuk winamp.

B. Ekstrak file zip

Untuk melakukan ekstrak file di sistem Linux mint dapat menggunakan Manajer Arsip Linux mint (File-Roller). Buka Archive Manage melalui Menu, atau ketik file-roller pada terminal linux.

C. Pindahkan File Hasil Ekstrak Ke Direktori Audacious/Skin

Pindahkan atau Salin dan Tempel file hasil ekstrak ke direktori :

~/usr/share/audacious/skin (masuk sebagai root)

D. Menerapkan Tema Skin Audacious

Setelah menambahkan skin Audacious, kita dapat langsung menerapkannya melalui menu pengaturan Audacious.

Buka pemutar musik Audacious > Klik kanan pada Audacious > Pilih Pengaturan > Lihat pada Penampilan Umum > Silahkan pilih salah satu Skin/Kulit Audacious

Demikian cara memasang/menambahkan tema skin/kulit Audacious di Linux mint. Audacious tidak hanya dapat berjalan di sistem Linux, namun dapat juga berjalan di sistem Windows. Jadi, bila anda sedang mencari pemutar musik (open source) yang mirip dengan winamp, Audacious merupakan pilihan yang tepat bagi anda.


EmoticonEmoticon