Wednesday 25 May 2016

Mengatur Tampilan Nemo File Manager Linux Mint Cinnamon

Nemo File Manager - Nemo merupakan file manager Linux Mint cinnamon yang merupakan percabangan dari GNOME file manager yang bernama Nautilus. Bila kita menggunakan sistem operasi komputer Linux Mint cinnamon, aplikasi yang paling sering kita gunakan pastinya adalah si NEMO ini.

Nama Nemo diambil dari seorang tokoh fiksi karya dari seorang penulis Jules verne (Prancis) yaitu Kapten Nemo. Dalam cerita fiksi tersebut, Kapten Nemo atau dikenal juga dengan nama Prince Dakkar ini memiliki sebuah kapal selam yang bernama Nautilus. Tak heran bila nama Nemo muncul sebagai percabangan dari Nautilus, ternyata kedua nama tersebut diambil dari sebuah cerita fiksi yang sama.

Mengatur Tampilan Nemo File Manager Linux Mint Cinnamon, File Browser Nemo, Perambah File Nemo

Mengatur Tampilan Nemo File Manager


Nemo memiliki tampilan seperti perambah file lainnya, sehingga tidak sulit bagi kita untuk cepat beradaptasi dengan Nemo . Untuk mengatur tampilan Nemo, Buka Nemo file manager melalui :

Menu => File

atau

Buka Terminal [ctrl+alt+t] lalu ketik nemo

Setelah nemo file manajer terbuka,  pilih pada Menu Tampilan

Apa saja yang bisa kita lakukan di Menu Tampilan Nemo? Tentu saja kita bisa mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan tampilan Nemo, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bilah sisi


Bilah sisi merupakan bagian dari Nemo yang berada di sisi jendela (sidebar) Nemo file manager. Bilah sisi berisi tampilan dari media penyimpanan komputer, media lain dan jaringan komputer. Bilah sisi memudahkan kita dalam merambah atau menampilkan file yang berada di setiap device komputer.

Klik Tampilan => Bilah Sisi => Centang Tampilkan Bilah Sisi

Kita dapat memilih tampilan File dan Folder melalui sidebar ini yaitu dalam bentuk bagan atau tempat. Silahkan pilih sesuai selera.

2. Bilah Alat Utama


  • Bilah Alat Utama - Merupakan tempat ikon-ikon navigasi pada Nemo. Melalui bilah utama inilah kita dapat melakukan berbagai hal di Nemo file manager, antara lain :
  • Next dan Previous
  • Tampilkan folder induk (beranda)
  • Tampilkan Komputer (menampilkan semua perangkat device komputer)
  • Tombol Pencarian
  • Peralihan Masukan Lokasi (Menampilkan Lokasi Terpilih sebagai Bagan atau Tempat)
  • Tampilan Ikon (Menampilkan isi File dalam bentuk Ikon)
  • Tampilan Daftar (Menampilkan isi File dalam bentuk Daftar/bagan)
  • Tampilan Rapat (Menampilkan isi File dalam bentuk ikon yang Rapat)
Kita dapat mengatur tampilan tombol yang ada di Bilah Alat Utama ini melalui menu pengaturan Nemo,

Klik Sunting => Pengaturan => Bilah Alat

3. Kolom Menu


Ini adalah menu utama di Nemo File Manager dan sebaiknya selalu dalam kondisi aktif karena kita akan kesulitan dalam menggunakan Nemo bila menu ini tidak kita tampilkan.

Bila kita mendapati kolom menu tidak tampil di Nemo, kita dapat menampilkan kembali dengan cara tekan tombol alt + klik kanan pada Bilah Utama, Bilah sisi atau Baris status, lalu lepaskan.

3. Baris Status


Baris status merupakan toolbar yang berisi status dan informasi dari setiap file yang kita pilih. Pada Baris status terdapat juga tombol untuk menampilkan Bilah Sisi dalam bentuk Tempat atau Bagan. Bila kita tidak ingin menampilkan Bila sisi untuk sementara waktu, kita bisa menyembunyikannya dengan memilih tombol Sembunyikan Sidebar (F9).

4. Panel Ekstra


Panel Ekstra merupakan salah satu fasilitas yang cukup menarik di perambah file Nemo. Dengan mengaktifkan Panel Ekstra maka tampilan Panel utama Linux Mint terbagi menjadi dua (twin panel) dan hal ini memudahkan kita dalam menggunkan Nemo terutama saat membandingkan dua buah objek file yang berbeda dan saat salin dan tempel file.

5. Kembalikan Ke Tampilan Asal


Setelah kita melakukan perubahan terhadap tampilan Nemo, kita dapat mengembalikannya sesuai dengan setelan aslinya.

Misalnya : Saat merubah pengaturan objek file dan perbesaran (zoom) ikon

6. Tampilkan Berkas Tersembunyi


File yang memiliki atribut hidden (tersembunyi) dapat kita tampilkan dengan cara mengaktifkan tombol "Tampilkan Berkas Tersembunyi" .

7. Perbesar Tampilan, Perkecil Tampilan dan Ukuran Normal


Tiga tombol tersebut akan merubah tampilan ikon file dan folder di Nemo. Setelah memperbesar dan memperkecil tampilan, kita dapat mengembalikan tampilan dalam ukuran Normal dengan memilih tombol Ukuran Normal.

8. Ikon, Daftar dan Rapat


Tiga tombol ini sebenarnya sudah terdapat di Bilah Utama Nemo, namun kita juga dapat mengaksesnya melalui Kolom Utama Menu Tampilan. Silakan anda pilih untuk tampilan file dan folder di Nemo sesuai selera.

Menambah Tab Baru di Nemo File Manager


Nemo sudah mendukung untuk penggunaan MultiTab. Untuk menambah TAB baru di Nemo, kita dapat melakukannya dengan klik pada Kolom Menu :

Menu Berkas => Tab baru

Dengan menggunakan Tab baru dalam menampilkan berkas, tentu saja semakin memudahkan kita dalam navigasi file di Nemo. Seringkali kita memang lebih memilih memakai Tab baru daripada Jendela baru dalam merambah file karena lebih mudah dan terkesan lebih simpel.

Kesimpulan


Banyak tersedia permban file di sistem linux. Salah satunya adalah Nemo ini yang merupakan peramban file default sistem Linux Mint Cinnamon. Demikian cara mengatur dan merubah tampilan di Nemo File Manager Linux Mint Cinnamon. Semoga bermanfaat bagi para pengguna Linux Mint Cinnamon dan menambah pengetahuan bagi yang baca artikel singkat ini.

OS = Linux Mint Cinnamon
Nemo = Versi 2.8.6

Sekian dan terima kasih


EmoticonEmoticon