Thursday 31 March 2016

Aplikasi Pemilih Warna (Color Chooser) Di Linux Dengan Kode HTML,RGB Dan HSV

Tags

Aplikasi Pemilih Warna Linux Mint – Bila kita sering menggunakan berbagai macam warna dalam melakukan desain gambar atau untuk keperluan lainnya, menggunakan aplikasi pemilih warna atau “Color Chooser” akan sangat membantu kita dalam memilih berbagai macam warna. Pengguna sistem operasi Linux Mint atau disto linux lainnya memiliki beberapa pilihan aplikasi pemilih warna yang bisa digunakan dengan fiture yang cukup lengkap.

Warna merupakan sebuah gambaran akan suatu objek pandangan kita. Setiap benda akan mempunyai warna karena pancaran atau pantulan cahaya dari objek benda tersebut. Pada dasarnya warna hanya dimiliki oleh cahaya, bukan benda yang kita lihat. Objek benda hanya memiliki kemampuan untuk memantulkan jenis warna cahaya yang kemudian kita tangkap dengan mata kita.

Sekilas Tentang Warna


Benda yang tidak memiliki warna disebut benda transparan artinya tidak punya kemampuan dalam memantulkan jenis warna tertentu.Tanpa cahaya kita tidak akan dapat melihat sebuah benda, hal ini menandakan bahwa sumber warna bukan pada benda melainkan pada cahaya atau sinar.

Keindahan warna menjadi sesuatu yang menarik karena akan menjadi pembeda dari berbagai jenis objek benda. Warna yang sejuk dan nyaman dapat menjadi terapi untuk menenangkan diri dan menyejukan jiwa. Dalam memilih sesuatu atau benda tertentu, kita dihadapkan dengan pilihan warna yang salah satunya adalah warna kesukaan kita.

Dalam sistem operasi komputer, warna-warni cahaya layar monitor akan menghiasi layar sebagai bentuk output dari perintah-perintah program komputer yang kita jalankan. Pengguna linux mempunyai banyak pilihan aplikasi untuk memilih jenis warna atau "color chooser" yang berupa warna dasar dan kombinasi dari berbagai warna yang ada.

Aplikasi Pemilih Warna (Color Chooser) Di Linux Dengan Kode HTML,RGB dan HSV


Aplikasi Pemilih Warna Pada Linux


Banyak tersedia aplikasi pemilih warna yang dapat kita pasang atau install di sistem linux. Berikut saya pilihkan beberapa aplikasi Color Chooser yang cukup populer, ringan dan mudah digunakan.

1. KColor Chooser


Salah satu aplikasi favorit saya adalah "KcolorChooser". Aplikasi ini memiliki tampilan yang simple dan sedap dipandang mata. Kita dapat menentukan warna dari pallet warna yang tersediadengan pointer mouse atau "tetikus" sebagai sarana untuk memilih warna tersebut. Selain itu kita juga dapat mengatur pencahayaan warna tersebut untuk menentukan warna yang kita inginkan.

#KColorChooser tersedia dalam tiga Kode warna yaitu :
  • HSV ( Hue, Saturation dan Value )
  • RGB ( Red, Green dan Blue )
  • HTML ( Kode warna dalam bahasa html situs web )

Kita juga dapat mengelompokan warna - warna tertentu pada palet warna dengan kategori khusus misalnya :
  • Forty color
  • Oxygen color
  • Rainbow color
  • Royal color
  • Web color
  • Nama lainnya

Setelah memilih warna tertentu pada palet warna, tambahkan warna tersebut ke palet warna dengan kategori tertentu dengan menge-klik tombol "add custom color"

Fasilitas lain dari KColorChooser adalah adanya pemilihan warna dengan menggunakan nama dari warna tersebut, misalnya : hijau, kuning, biru, coklat, merah dan warna-warna paduan lainnya. Untuk memilih warna berdasarkan nama warna, pilih kategori "Named Color" lalu pilih warna dengan namanya masing-masing */ dalam bahasa inggris /*.

Pengguna Linux mint / Ubuntu dapat menggunakan aplikasi KColorChooser dapat memasang atau menginstal aplikasi ini melalui terminal linux atau pengelola perangkat lunak "software center".

Terminal:$

sudo apt-get update
sudo apt-get install kcolorchooser

Pengelola Perangkat Lunak

Menu-Pengelola Perangkat Lunak-Ketik Pada Kolom Pencarian kcolorchooser-Pilih KcolorChooser-Klik Instal atau Pasang

Aplikasi KcolorChooser merupakan aplikasi standard pemilih warna pada lingkungan desktop KDE, atau bila kita menggunakan sistem operasi linux mint, aplikasi ini disertakan dalam paket instalasi linux mint edisi KDE.

2. Mate ColorChoser


Hampir sama dengan KColorChooser, Mate ColorChooser juga memiliki tampilan yang simple dan menarik, tidak perlu keahlian khusus dalam menggunakan aplikasi ini, artinya semua orang dapat menggunakannya dengan mudah.

Perbedaan antara keduanya terletak pada media pemilihan warnanya. Bila KColorChooser menggunakan palet warna sebagai media pemilihan warnanya, sedangkan pada Mate menggunakan roda warna dan palet warna dalam bentuk grid.

Seleksi warna Mate juga menyediakan fasilitas eyedropper untuk memilih warna pada bidang layar komputer. Selain itu, tersedia juga fasilitas palet warna yang kita pilih sebelumnya untuk membandingkan dengan warna yang sedang kita pilih.

#Mate ColorChooser tersedia dalam tiga Kode warna yaitu :
  • HSV ( Hue, Saturation dan Value )
  • RGB ( Red, Green dan Blue )
  • HTML ( Kode warna dalam bahasa html situs web )

Saat instalasi Linux Mint Edisi Mate, aplikasi Mate Color Chooser sudah terpasang dan kita tinggak menggunakannnya saja.

3. GPick


Aplikasi lainnya yang dapat kita gunakan sebagai pemilih warna dengan kode HTML, RGB dan HSV adalah GPick. Dari dua aplikasi sebelumnya, KColorChooser dan Mate Color Chooser, gPick memiliki fiture dan setelan yang lebih lengkap. Bagi yang suka bermain dengan warna-warna, aplikasi ini akan cocok bagi Anda.

#GPick tersedia dalam beberapa Kode warna :
  • HTML
  • RGB
  • HSV
  • CMYK
  • HSL
  • LAB
  • LCH

4. GColor2


Hampir sama dengan Mate Color Chooser, gColor2 memiliki tampilan yang simple dan mudah untuk digunakan. Pemilihan warna dapat kita lakukan melalui Roda Warna dan kombinasi kode warna RGB, HTML dan HSV. Dengan gColor2, kita juga dapat mengatur ketebalan "Opacity" pada warna. GColor2 juga dilengkapi dengan fasilitas penyimpanan warna dengan nama tertentu sesuai keinginan. Setelah memilih warna, kita dapat menyimpan warna tersebut melalui tombol SAVE. GColor2 semakin lengkap dengan adanya eyedropper untuk mengambil warna dari bidang lain.

#GColor2 tersedia dalam tiga Kode warna :
  • RGB
  • HTML
  • HSV

5. Aplikasi Lainnya


Masih banyak aplikasi Color Chooser lainnya yang tersedia di situs internet, silahkan anda cari sendiri ya :). Empat Color Chooser di atas merupakan  Color Chooser terbaik dari sisi kemudahan dalam penggunaan, simple dan ringan berjalan di komputer.

Kesimpulan


Warna akan selalu hadir dalam hari-hari kita dan akan menjadi pilihan yang menarik sebagai hal yang kita sukai. Masih banyak aplikasi lain untuk memilih jenis warna di Linux, buka saja pengelola perangkat lunak sistem komputer Linux yang Anda punya, lalu ketik pada kolom pencarian "color" pilih salah satu aplikasi yang berhubungan dengan "color chooser". Selamat beraktivitas dan terima kasih.


EmoticonEmoticon