Thursday 17 December 2015

CARA INSTAL DAN MENGGUNAKAN UBUNTU TWEAK DI LINUX MINT

Ubuntu Tweak Linux Mint - Ubuntu Tweak adalah aplikasi yang khusus berjalan di Linux yang berguna untuk mengakses dan mengubah konfigurasi Linux dengan mudah. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur untuk mengatur berbagai opsi desktop dan system. Ubuntu tweak mampu menangani berbagai hal yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh aplikasi lain yang mirip dengan Ubuntu Tweak.

Pada artikel sebelumnya saya sudah mengulas mengenai cara membersihkan file sampah dengan aplikasi BleachBit. Sekarang kita coba menggunakan aplikasi Ubuntu Tweak untuk membersihkan file-file yang tidak terpakai di sistem Linux Mint dan beberapa pengaturan sistem yang bisa kita jalankan melalui aplikasi Ubuntu tweak.

Ubuntu tweak bukan merupakan aplikasi default sistem Linux Mint dan tidak ada paket aplikasi ubuntu-tweak di repository Linux Mint. Kita dapat memasang aplikasi ini dengan menambahkan ppa pihak ke-3 atau menggunakan file. Deb dan memasangnya secara manual.

CARA INSTAL DAN MENGGUNAKAN  UBUNTU TWEAK LINUX MINT

Cara Instal Ubuntu Tweak Di Linux Mint


Pada contoh kali ini saya akan menginstal aplikasi ubuntu-tweak dengan cara menambahkan ppa pihak ke-3 yaitu ppa:tualatrix/ppa ke dalam sistem Linux Mint. Supaya lebih mudah dalam menambahkan ppa, saya akan menggunakan pengaturan Sumber Perangkat Lunak (Software Center) Linux Mint yang menggunakan perintah grafis.
  1. Buka Sumber Perangkat Lunak Melalui Menu › Pengaturan Sistem › Sumber Perangkat Lunak
  2. Klik pada menu PPA
  3. Klk tombol Menambahkan ppa yang baru
  4. Masukan nama ppa pada kolom yang tersedia, lalu klik tombol OK
  5. Setelah itu klik tombol perbarui cache dan instal aplikasi ubuntu tweak seperti cara instal aplikasi lainnya yang tersedia di repository Linux Mint
Catatan! Namun sayangnya aplikasi ubuntu tweak dalam ppa:tualatrix/ppa sudah tidak support lagi untuk Linux Mint versi 18 ke atas yang menggunakan paket aplikasi dasar pada “xenial” ubuntu 16.04

Bagi pengguna sistem operasi Linux Mint versi 17 ke bawah dapat menggunakan cara di atas dan untuk pengguna Linux Mint versi 18 ke atas dapat menggunakan file .deb yang bisa kita unduh di alamat situs web :

https://www.ubuntuupdates.org/package/getdeb_apps/xenial/apps/getdeb/ubuntu-tweak

Klik pada tombol all arch deb package dan setelah itu instal ubuntu tweak menggunakan file .deb yang sudah kita unduh dengan cara sebagai berikut :
  1. Dalam pemasangan aplikasi ubuntu tweak di sistem Linux Mint akan dibutuhkan beberapa paket lain yang perlu di instal (compiz-core, libcompizconfig0, phyton-compizconfig). Supaya proses pemasangan ubuntu tweak dapat berjalan dengan baik, instal ketiga paket tersebut terlebih dahulu
  2. Setelah memasang 3 paket aplikasi di atas, baru kita memasang Ubuntu tweak dengan cara klik dua kali pada file .deb (ubuntu-tweak_0.8.7-1~getdeb2~xenial_all.deb) dan secara otomatis GDebi package installer akan membuka file .deb tersebut. Pada jendela GDebi package installer klik tombol install dan tunggu hingga proses pemasangan ubuntu tweak selesai
Selain menggunakan GDebi package installer, kita juga dapat menggunakan terminal linux untuk memasang aplikasi ubuntu tweak.
  1. Buka terminal linux (ctrl-alt-t)
  2. Masuk ke direktori tempat menyimpan file .deb, misalnya disimpan dalam direktori Unduhan, ketik perintah cd ~/Unduhan
  3. Selanjutnya ketik perintah teks berikut ini , sudo dpkg -i *.deb
Setelah proses pemasangan ubuntu tweak selesai, jalankan aplikasi ini melalui Menu -  Administrasi - Ubuntu tweak

Fiture Ubuntu Tweak


Ubuntu tweak merupakan aplikasi yang mempunyai banyak fiture, kita dapat melakukan banyak hal dengan Ubuntu tweak  misalnya :
  1. Melihat Sistem Informasi seperti : Distro Linux, Kernel, Memori RAM, Prosesor, dll..
  2. Mengontrol Auto start Program ( Aplikasi).
  3. Menginstal Cepat Aplikasi yang populer di kalangan Linux
  4. Banyak tersedia Sumber Program  Pihak ke tiga Untuk keperluan up-date Program
  5. Membersihkan paket-paket yang tidak di perlukan atau file cache untuk membebaskan ruang hardisk.
  6. Mengubah nama komputer, home dan ikon file sampah
  7. Mengatur Efek Menu
  8. Dan lain-lainnya

Cara Menggunakan Ubuntu Tweak


Terdapat Empat Menu Utama dari Aplikasi Ubuntu tweak yaitu : "Ikhtisar, Apps, Oprek, Admin dan Pembersih". Berikut akan saya uraikan secara singkat cara menggunakan ubuntu tweak melalui menu-menu yang tersedia :

Menu Ikhtisar atau Overview


Menu pertama yang akan diperlihatkan oleh Ubuntu tweak ke pengguna adalah Menu Ikhtisar. Disini kita dapat melihat berbagai informasi mengenai sistem Komputer atau Laptop yang meliputi :
  1. Hardware Information atau Informasi tentang perangkat komputer yaitu "CPU Prosesor dan Memori RAM"
  2. Ubuntu Desktop Information yang berisi informasi tentang  Hostname "pengguna", Platform "tipe cpu", Distribution "Distro Linux yang digunakan" dan Desktop Environment atau "Lingkungan Desktop yang sedang digunakan", Sistem clean dan mengenai update sistem.
  3. Informasi mengenai file "cache" atau sampah yang perlu dibersihkan.
  4. Informasi tentang update Paket Sistem, dimana bila sistem sudah update maka akan terdeteksi "Your System is Up to date".
  5. Informasi mengenai Pengguna "User Information" : "Current User", "Home Directory", "Shell" dan "Language".

Menu APPS


Pada Menu ini kita dapat menginstal berbagai aplikasi Linux melalui Ubuntu tweak. Disini aplikasi dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan tempatnya masing - masing:
  1. Feature atau Aplikasi utama yang perlu ada di sistem linux.
  2. New Apps atau Aplikasi terbaru Linux yang mungkin belum kita pasang pada sistem.
  3. All Apps atau semua Aplikasi, disini akan ditampilkan semua aplikasi yang tersedia pada Ubuntu tweak dengan kategori : "Browser, Desktop, Development Kit, E-Mail, Emulator, File Sharing, Game, Image, Instant Message, Internet, Multimedia, Text, Theme, Utility dan Other".
Untuk memasang salah satu Aplikasi atau Program , kita hanya tinggal pilih dan Klik "Install" atau "Pasang". Dalam memilih Aplikasi sesuaikan dengan sistem operasi yang kita pakai. Karena disini tidak seperti pada "Pengelola Perangkat Lunak" yang memang menyediakan Paket Program yang sudah sesuai dengan sistem. Namun tidak usah ragu dalam memilih Aplikasi yang akan kita pasang, karena bila tidak cocok maka, akan ada pemberitahuan bahwa Aplikasi tersebut tidak dapat dipasang atau tidak tersedia "not available".

Menu Tweak atau Oprek


Menu ini digunakan sebagai menu tweak "Oprek" sesuai dengan nama Aplikasi. Menu ini berisi menu setelan sistem Linux , lalu apa saja yang bisa kita lakukan disini, tentu saja banyak yang bisa kita lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Setelan Penampakan, disini kita dapat melakukan setelan pada Suara, Tema dan Setelan lain - lain. Dalam setelan suara kita dapat memilih Tema Suara pada sistem. Dalam setelan lain - lain kita dapat menyetel kursor, ikon dan beberapa setelan sistem lainnya. Sedangkan Setelan Tema digunakan untuk mengatur Tema Linux Mint yang kita pakai.
  2. Setelan Awalan, disini kita dapat mengatur setelan awal atau "Log in" pada sistem.
  3. Setelan Tampilan, digunakan untuk Mengatur Tampilan Latar Belakang Linux atau "Wallpaper". Kita akan diarahkan menuju situs yang menyediakan Gambar Latar Belakng yang selanjutnya bisa kita unduh dan pasang pada sistem.
  4. Setelan Workarounds.

Menu Admin


Menu ini digunakan untuk melakukan perubahan - perubahan sistem termasuk dalam hal penyimpanan atau menu arsip. Dalam menu admin, kita juga dapat menambah atau mengurangi source atau Sumber Paket.
  1. Setelan Pribadi › Digunakan untuk mengatur atau merubah setelan standard sistem pada "Folder Pengguna, Kerangka dan Scrip".
  2. Setelan Sistem › Digunakan untuk mengatur atau merubah setelan standard pada "Pengelola tipe Berkas dan Penyunting Sumber".
Untuk menyunting "edit" Sumber, kita harus log in sebagai root, Klik tombol " Buka Kunci" yang berada di pojok kanan atas bersebelahan dengan kolom pencarian lalu masukan password. Setelah itu kita dapat menambahkan dan mengurangi "Source" atau Sumber.

Menu Pembersih atau Janitor


Melalui Ubuntu tweak kita dapat membersihkan paket aplikasi yang tidak terpakai atau file cache untuk membebaskan ruang pada hardisk. Kita bisa membersihkan pada bagian "Aplikasi, File-File pribadi dan Sistem".
  1. Aplikasi › Setiap kita menggunakan aplikasi, mungkin akan meninggalkan file sampah yang hanya menguras ruang penyimpanan dan mengganggu kerja komputer. Tentu hal ini tidak kita inginkan dan perlu kita hilangkan dari sistem. Centang tombol Aplikasi untuk melihat File sampah yang perlu kita hapus
  2. Pribadi › Kemungkinan ada file sampah dalam penggunaan informasi pribadi kita pada sistem. Centang tombol Pribadi untuk melihat file sampah yang perlu kita hilangkan dari sistem
  3. Sistem › Tidak hanya aplikasi dan informasi pribadi yang meninggalkan File sampah, namun sistem juga sering meninggalkan File sampah yang perlu kita hapus supaya tidak mengganggu kerja sistem komputer. Centang tombol Sistem untuk melihat sampah File dari sistem komputer yang kita gunakan. Bagian dari sistem yang sering meninggalkan File sampah adalah Kernel Lama, Paket yang tidak dibutuhkan Pengaturan Paket dan Tembolok APT.

Kesimpulan


Ubuntu tweak memudahkan kita untuk mengelola Sistem  Komputer. Aplikasi ini sangat cocok untuk dipasang pada Sistem Operasi Ubuntu, sedangkan pada Linux Mint Cinnamon mungkin ada beberapa fiture yang tidak bisa digunakan. Selamat mencoba dan Terima Kasih sudah membaca artikel ini.


EmoticonEmoticon