Monday 27 July 2015

Cara Format Flashdisk Di Linux Mint Menggunakan MintStick

Tags

Cara Format Flashdisk Di Linux Mint Menggunakan MintStick – Memiliki USB Flashdisk dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file data, dokumen, gambar, film dan lain sebagainya. Karena sering dipakai, flashdisk dapat mengalami masalah dan mungkin perlu untuk di format ulang, sehingga flashdisk dapat digunakan dengan baik. Pengguna distro Linux Mint dapat melakukan format flashdisk dengan cukup mudah tanpa melalui terminal. Linux mint menyertakan satu aplikasi pemformat perangkat usb (flashdisk) sebagai aplikasi default sistem yaitu MintStick. Cara menggunakannya pun cukup mudah dan tampilannya juga, simpel dan praktis.

Melakukan format flashdisk di Linux Mint dapat kita lakukan dalam beberapa cara, baik itu menggunakan perintah berbasis teks atau menggunakan aplikasi pemformat flashdisk dengan perintah grafis yang tentu lebih mudah, terutama bagi pengguna distro Linux baru. Cara melakukan format flashdisk di Linux Mint paling mudah yaitu menggunakan aplikasi yang bernama MintStick. Aplikasi ini memiliki dua varian, pertama USB Stick Formatter yang berfungsi untuk memformat flashdisk dan yang kedua bernama USB Image Writer yang berfungsi untuk membuat bootable file ISO Image. 

Mengapa kita perlu memformat flashdisk? Sebenarnya ketika kita membeli flashdisk baru, langsung dapat kita pakai tanpa perlu di format terlebih dahulu. Melakukan format pada flashdisk kita lakukan apabila flashdisk tersebut mengalami masalah, error, terkena virus, loading lambat dan berbagai masalah lainnya yang menyebabkan flashdisk tersebut bekerja tidak maksimal.

Bila anda pengguna sistem operasi selain Linux dan mengalami masalah pada flashdisk sehingga tidak bisa digunakan lagi, cobalah anda format flashdisk di sistem Linux, mungkin masalah pada flashdisk tersebut dapat teratasi dan anda tidak perlu mengganti flahdisk dengan yang baru. Linux Mint cocok bagi pengguna baru sistem Linux. Selain tampilan desktopnya yang bagus, aplikasi yang dibawa oleh Linux Mint juga cukup lengkap. Untuk itulah seringkali mereka (pengguna Linux) menyebut Linux Mint sebagai distribusi Linux yang siap pakai dan ramah terhadap penggunanya.

Biasanya flashdisk yang kita pakai ini menggunakan format FAT 32. Ukuran kapasitas flashdisk yang tidak terlalu besar (dibandingkan hardisk) memang lebih cocok menggunakan format FAT 32 sehingga kita dapat menggunakan flashdisk pada semua sistem operasi komputer, termasuk Linux Mint. Selain Format FAT 32, kita juga tetap dapat menggunakan tipe format yang lain meskipun harus menanggung resiko bila nanti flahdisk hanya dapat digunakan pada sistem operasi komputer tertentu saja.

Jenis-Jenis Format Flashdisk Di MintStick


FAT32

Kompatible di mana saja (di berbagai OS) tapi kurang cocok untuk ukuran kapasitas disk yang besar

NTFS

Kompatible dengan OS Windows, tidak kompatible dengan Mac, dan kebanyakan media perangkat keras lainnya. Sedikit bermasalah dengan Linux. NTFS adalah perangkat komersil dan reverse engineer.

EXT4

Kompatible dengan Linux. Modern, stabil, cepat dan terjunalkan. Tidak kompatible dengan Windows, Mac dan kebayakan media perangkat keras

Cara Format Flashdisk Di Linux Mint Menggunakan MintStick


Setelah kita menginstall Linux Mint, kita tidak perlu install MintStick karena sudah terinstall bersamaan proses instalasi Linux Mint. Silahkan anda jalankan aplikasi ini melalui Menu ⇾ Accessories ⇾ USB Stick Formatter atau ketik pada terminal mintstick -m format dan setelah itu akan terlihat jendela aplikasi MintStick untuk memformat flashdisk.

Cara Format USB Flashdisk Di Linux Mint Dengan MintStick

MintStick tidak hanya dapat digunakan untuk memformat flashdisk saja, kita juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk memformat Hardisk dan Kartu SD. Bila anda pengguna distribusi Linux Ubuntu atau Debian. Anda dapat menggunakan MintStick dengan cara menginstallnya terlebih dahulu ke dalam sistem Linux yang anda pakai.

Baca juga : Cara Format Flashdisk Di Ubuntu, Debian Menggunakan MintStick
  1. Pertama tancapkan usb flashdisk ke dalam komputer/laptop dan setelah itu jalankan aplikasi USB Stick Formatter
  2. Lalu pada tombol Format pilih usb flashdisk yang akan kita format
  3. Setelah itu pilih jenis format (FAT 32, NTFS atau EXT4)
  4. Jangan lupa untuk memberi Nama atau Label pada perangkat usb flashdisk yang akan kita format, misalnya : data, file1, berkas atau yang lainnya
  5. Terakhir klik tombol Format dan tunggu hingga proses format pada flashdisk selesai
Pilihlah jenis format yang sesuai dengan sistem komputer yang anda gunakan. Lebih baik gunakan format FAT 32 bila ukuran flashdisk tidak terlalu besar karena, format ini dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi komputer.

Flashdisk merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan data dalam format digital. Flashdisk memiliki bentuk yang simpel dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Alat ini sangat digemari oleh para pengguna komputer dan kita dapat mendapatkannya dengan mudah di toko perlengkapan dan aksesoris komputer.

Sebaiknya kita tidak terlalu sering memformat flashsik, bila tidak diperlukan lebih baik jangan memformat flashdisk untuk mencegah flashdisk supaya tidak mudah rusak. Demikian cara memformat flashdisk di Linux Mint dengan Aplikasi MintStick. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon