Tuesday 16 May 2017

Cara Mengatasi Bunyi Beep Panjang Pada Laptop Saat Booting

Tags

Laptop Bunyi Beep Panjang Saat Booting – Bunyi beep yang terdengar saat pertama kali kita menghidupkan laptop, mengindikasikan terdapat salah satu komponen / hardware laptop yang mengalami masalah. Bila kita mendengar bunyi “beep” panjang saat booting komputer, dan bunyi ini tidak berhenti sampai kita menekan salah satu tombol keyboad (ESC atau DELETE). Hal ini menandakan terdapat satu atau beberapa tuts / tombol keyboard yang terpencet sendiri.

Mungkin bagi yang pertama kali mengalami hal ini akan sedikit panik dan bingung, karena mendapati laptop yang digunakan tidak bisa booting dan muncul bunyi beep panjang.

Seperti kita ketahui, tuts keyboard merupakan bagian dari keyboard laptop,  dimana tuts atau biasa kita sebut dengan “tombol keyboard” ini terdiri dari “huruf, angka, simbol, spasi dan beberapa fungsi lainnya”. Keyboard sendiri berfungsi mengirimkan sinyal digital ke dalam sistem komputer yang kemudian akan diproses dalam bentuk perintah dan menghasilkan output seperti yang terlihat di layar monitor.

Hampir semua komputer dilengkapi dengan Keyboard untuk mengontrol sistem komputer. Begitu juga dengan laptop, keyboard merupakan alat / komponen utama pada laptop. Maka dari itulah, bila keyboard mengalami kerusakan, sistem akan memberitahukan keadaan tersebut dan sebaiknya segera di atasi / diperbaiki.

Cara Mengatasi Laptop Bunyi Beep Panjang Saat Booting

Ciri Kerusakan Tuts / Tombol Keyboard Laptop


Ada beberapa ciri kerusakan pada tuts keyboard laptop yang bisa kita deteksi. Diantarnya seperti di bawah ini :
  1. Laptop tidak bisa booting (proses booting terhenti tidak sampai desktop komputer)
  2. Terdengar bunyi beep panjang saat booting laptop
  3. Tombol keyboard lengket dan terpencet sendiri 
  4. Tombol keybord tidak berfungsi alias rusak
Tombol keyboard yang lengket akan tertekan terus secara otomatis. Hal inilah yang menyebabkan bunyi beep panjang saat booting laptop, hal ini biasa disebut dengan istilah beeping .

Sementara tombol keyboard yang rusak, tidak akan berpengaruh kecuali tombol tersebut mengalam error atau korslet sehingga menyebabkan tombol keyboard menjadi terpencet sendiri.

Mengatasi Laptop Bunyi beep Panjang Saat Booting


Ketika kita mendapati laptop mengeluarkan bunyi “beep” panjang saat booting, mungkin kita akan sedikit panik dan bingung. Hal ini tentu akan sangat mengganggu dan perlu dicari masalahnya dan segera diperbaiki. Keadaan yang sering disebut dengan istilah beeping ini sebaiknya segera diatasi supaya kita lebih nyaman dalam menggunakan laptop.

Bunyi beep pada laptop berbeda dengan komputer desktop

Lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi bunyi beep panjang saat boting laptop : 
  1. Segera pencet tombol ESC atau DELETE ketika terdengar bunyi beep panjang saat booting laptop
  2. Setelah bunyi beep / biip dapat teratasi, selanjutnya kita dapat masuk ke desktop komputer
  3. Buka aplikasi penyunting teks, misalnya gedit, xed, pluma, leafpad (Linux) atau notepad (Windows). Tombol keyboard yang rusak karena lengket (menekan sendiri), akan terlihat di penyunting teks huruf / simbol tombol keyboard yang rusak tersebut terpencet secara otomatis tanpa sentuhan jari tangan sampai kita menghentikannya
  4. Selain karena lengket, kerusakan tombol keyboard dapat kita identifikasi dengan cara menekan tombol keyboard yang rusak tersebut dan tentu saja tidak menghasilkan output apapun
  5. Segera perbaiki kerusakan pada Tuts keyboard tersebut dengan cara membersihkannya dari debu yang menempel atau bila kerusakan memang sudah parah, bisa di bawa ke tempat servis laptop
  6. Bila kerusakan tersebut sudah tidak bisa diperbaiki, lebih baik ganti keyboard laptop dengan yang baru
Meskipun terdapat Tuts keyboard yang rusak, kita masih tetap bisa menggunakan keyboard tersebut dengan catatan! Tuts keyboard yang rusak bukan merupakan tuts yang penting atau sering digunakan.

Kita tetap bisa menggunakan tombol keyboard lainnya yang tidak rusak hanya saja, ketika booting laptop, mungkin kita akan melewati tahap pencet tombol ESC atau DELETE untuk mengatasi bunyi beep panjang karena kerusakan pada salah satu Tuts keyboard laptop.

Bila masih ingin menggunakan keyboard laptop dengan tuts yang rusak tersebut, lebih baik gunakan juga “virtual keyboard” untuk membantu kita bila ingin menggunakan huruf / simbol pada tuts keyboard laptop yang rusak.

Kesimpulan


Bunyi beep pada komputer baik itu laptop maupun komputer desktop mengindikasikan terdapat komponen komputer yang rusak. Meskipun secara umum sama, terkadang tiap produsen komputer memiliki jenis bunyi beep yang berbeda untuk mengindikasikan kerusakan pada hardware komputer. Demikian cara mengatasi bunyi beep panjang pada laptop, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.

1 komentar so far

This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon