Sunday 5 February 2017

Mengenal Lingkungan Desktop Unity Linux Ubuntu LTS

Tags

Mengenal Lingkungan Desktop Unity Linux Ubuntu LTS – Pengguna sistem operasi linux pasti sudah tidak asing lagi dengan distro linux yang bernama Ubuntu. Ya, salah satu distro paling populer dengan dukungan komunitas yang besar ini memang menjadi salah satu distro linux yang bisa diandalkan. Ubuntu membawa semua kebutuhan akan sistem operasi komputer dengan dasar linux yang sangat lengkap. Ubuntu memiliki varian atau edisi yang cukup banyak dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna sistem komputer. 

Hampir mirip dengan Linux Mint yang memang turunan dari Ubuntu namun, software bawaan Linux Mint jauh lebih lengkap dari Ubuntu untuk itulah mengapa banyak yang menyebut Linux Mint sebagai distro linux siap pakai sedangkan pada Ubuntu LTS kita perlu menambahkan beberapa software lagi setelah instal linux Ubuntu dan semua dapat dilakukan dengan cukup mudah melalui Ubuntu Software.

Kali ini saya akan memperkenalkan salah satu lingkungan desktop modern yang dimiliki oleh linux dan digunakan secara default pada Ubuntu LTS yaitu Unity (persatuan). Berbeda dengan Linux Mint yang membawa Cinnamon sebagai lingkungan desktop default sistem, Ubuntu memiliki lingkungan desktop khas yang membedakan dengan distro linux lainnya yaitu Unity desktop dengan tampilan yang cukup menawan. Sangat berbeda dengan lingkungan desktop klasik menu seperti pada windows dan beberapa lingkungan desktop linux lainnya. Unity mengambil seluruh wilayah layar pada desktop komputer sebagai menu untuk mengkases aplikasi yang terinstal di dalam sistem Ubuntu LTS.

Saat tulisan ini dibuat Ubuntu LTS sudah mencapai versi Ubuntu 16.04.1 LTS untuk komputer desktop dan laptop. Sebelum menggunakan Ubuntu LTS dengan Unity desktopnya, mungkin kita bisa mencoba dulu beberapa lingkungan desktop dengan tampilan yang sudah familier seperti layaknya sistem windows seperti misalnya, Ubuntu Mate, Ubuntu Gnome, Kubuntu (KDE), Lubuntu (LXDE), Xubuntu (XFCE) atau menggunakan Linux Mint (Cinnamon, Mate, XFCE, KDE).

Meskipun baru menggunakan sistem linux Ubuntu, kita tidak perlu khawatir bila mengalami kesulitan dalam menggunakannya, karena Ubuntu memiliki dukungan komunitas yang sangat besar, mungkin yang paling besar saat ini. Karena, banyak sekali distro linux yang diturunkan dari Ubuntu seperti misalnya Linux Mint. Ubuntu digadang-gadang sebagai distro linux yang paling mudah digunakan dibandingkan dengan distro linux lainnya, begitu juga turunan dari Ubuntu.

Bisa dikatakan Ubuntu merupakan pelopor distro linux modern dengan tampilan grafis menarik dan banyak yang suka dengan distro linux ini karena mengedepankan user friendly dimana pengguna baru sistem linuxpunt tidak akan kesulitan dalam menggunakannya. Ubuntu sendiri merupakan turunan distro linux Debian yang terkenal sebagai distro linux yang sangat stabil dan cocok digunakan sebagai server.

Mengenal Lingkungan Desktop Unity Linux Ubuntu LTS

Mengenal Lingkungan Desktop Unity Linux Ubuntu 16.04 LTS


Saat pertama kali kita menghidupkan komputer dengan sistem Ubuntu LTS di dalamnya, kita akan menjumpai tampilan tombol pintasan papan ketik (tombol shortut keyboard) pada Unity desktop Ubuntu. Kita dapat menggunakannya untuk mempermudah kita dalam menggunakan Unity desktop.

Tekan tombol Super (gambar logo windows) pada keyboard beberapa saat untuk menampilkan daftar tombol pintasan papan ketik

Tidak ada menu gulir seperti layaknya desktop Mate atau Cinnamon pada Linux Mint. Kita hanya akan menjumpai Launcher, Panel dan Pencarian (Dash Menu). Melalui Dash Menu inilah kita dapat mencari aplikasi yang terinstal di sistem Ubuntu. Berikut ini beberapa bagian dari Unity desktop yang kiranya perlu kita ketahui untuk dapat menggunakan lingkungan desktop Unity linux Ubuntu LTS dengan baik.

1. Dash Unity

Tidak banyak yang bisa kita akses di dalam desktop Unity selain dari Dash Menu ini. Semua aplikasi yang terinstal di Ubuntu LTS dapat kita temukan disini. Fungsinya hampir sama dengan tombol pencarian di menu utama sistem komputer, hanya saja di Unity desktop tampilannya jauh lebih baik terintegrasi dengan seluruh layar desktop komputer dan terbagi dalam beberapa kategori sesuai dengan menu kategori yang aktif. Dash mirip dengan Windows start menu atau start screen pada windows 8. Dash akan mempermudah kita dalam menemukan file atau aplikasi yang kita cari.

Klik Tombol Dash yang terletak pada posisi teratas launcher Unity, lalu ketik nama aplikasi /file yang kita cari

2. Launcher Unity

Launcher di Unity merupakan vertical bar yang berisi tombol launcher aplikasi yang dapat kita tambah dan hapus. Dalam setelan default, launcher ini terletak di sebelah kiri layar komputer dan kita dapat menempatkannya di bawah layar komputer (horisontal bar) dengan bantuan aplikasi Unity Tweak Tool.

Launcher Unity sudah dilengkapi dengan beberapa launcher aplikasi pada saat pertama kali kita menjalankan Ubuntu LTS. Mengenai tata caranya akan saya uraikan dalam artikel lain.

3. Panel Ubuntu

Seperti pada sistem operasi komputer lainnya, Ubuntu juga dilengkapi panel yang cukup unik. Tidak ada list aplikasi dan kita juga tidak bisa menambahkan launcher, applet seperti pada Linux Mint. Kita hanya dapat merubah pengaturan panel saja. Secara default panel Ubuntu LTS terletak di atas layar komputer dengan beberapa indikator pengaturan sistem seperti applet di Linux Mint.
  • Menu utama Ubuntu (shutdwon, restart, lock dan lain-lain)
  • Date & Time
  • Bluetooth
  • Volume
  • Power
  • Network
  • Mouse
  • Keyboard Layout
Bila kita membuka aplikasi, menu utama aplikasi tersebut akan menyatu dengan panel dan dalam mode tersembunyi. Kita dapat melihat menu jendela aplikasi dengan cara melayangkan mouse di atas panel Ubuntu LTS. Secara umum panel di Ubuntu tidak untuk di ubah dan tampilannya menyesuaikan dengan tema Ubuntu yang kita gunakan. Namun, untuk tampilan menu aplikasi dapat kita atur melalui pengaturan "Penampakan" pada Ubuntu setting.

4. Lenses

Kita akan melihat beberapa kategori dalam Dash Unity di bagian bawah. Ini merupakan menu kategori spesial dalam dash yang disebut dengan Lenses.
  • Home atau Menu Lokal > Berisi daftar aplikasi dan dokumen yang pernah digunakan sebelumnya
  • Aplikasi > Berisi aplikasi yang terinstal di dalam sistem linux Ubuntu yang terdiri dari bebeberapa bagian, termasuk Semua Aplikasi dan Recent Aplikasi
  • Dokumen > Menampilkan berkas dokumen yang ada di media penyimpanan komputer
  • Video > Menampilkan berkas video yang terdapat di media penyimpanan komputer
  • Musik (Audio) > Menampilkan berkas audio yang terdapat di media penyimpanan komputer
  • Foto > Menampilkan berkas foto yang terdapat di media penyimpanan komputer
Dengan adanya menu ini dapat mempermudah kita dalam pencarian aplikasi dan dokumen yang di dalam komputer

5. Menu Penyaringan (Filter)

Salah satu yang menarik dari dekstop Unity adalah dengan adanya penyaringan aplikasi dan dokumen dimana kita dapat melakukan penyaringan (filter) pada saat mencari aplikasi dan dokumen melalui Menu Pencarian. Penggunaanya cukup mudah dan semua tersaji dalam perintah grafis yang sangat menarik.

Menu Penyaringan akan terlihat ketika kita klik pada tombol Pencarian di Panel Launcher Ubuntu. Kita dapat menyaring file dan aplikasi yang kita cari berdasarkan Kategori yang terdapat di menu penyaringan ini. Misalnya untuk pencarian aplikasi kita dapat menyaring (filter) dengan kategori :
  • Aksesibilitas
  • Aksesoris
  • Edukasi
  • Fonta
  • Grafis
  • Internet
  • Kustomisasi
  • Media
  • Pengaya Dash
  • Pengembang (pemrograman)
  • Perkantoran
  • Permainan
  • Sains & Rekayasa
  • Sistem
Demikian beberapa hal yang kiranya perlu kita ketahui saat pertama kali menggunakan lingkungan desktop Unity di linux Ubuntu. Itu hanya sekilas saja mengenai Unity Desktop Linux Ubuntu 16.04 LTS. Setidaknya pengguna baru sistem linux Ubuntu dapat menggunakan bebeberapa bagian yang disebutkan di atas dengan baik untuk dapat menggunakan menu-menu dalam Unity Desktop Linux Ubuntu 16.04 LTS. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya, sekian dan terima kasih. Selanjutnya baca cara menggunakan launcher unity ubuntu LTS


EmoticonEmoticon