Thursday 5 January 2017

Cara Instal Foobnix (Music Player) Di Linux Mint

Pemutar Musik Linux – Banyak sekali tersedia aplikasi pemutar musik di sistem Linux, termasuk juga distribusi Linux Mint, Ubuntu, Debian dan turunannya. Salah satu pemutar musik terbaik dengan tampilan antarmuka yang berupa TAB adalah "Foobnix Music Player". Desain tampilan pemutar musik ini boleh dikatakan sangat enak dilihat bersih dan flat. Foobnix cukup mudah digunakan dan dapat berjalan dengan baik di sistem operasi Linux Mint 18.

Bila dalam versi Linux mint sebelumnya mungkin kita dapat menginstal langsung aplikasi pemutar musik Foobnix melalui repository Linux Mint namun, sekarang di Linux Mint 18, kita harus menambahkan ppa (personal package archive) pihak ke-3 ke dalam sistem Linux Mint atau menggunakan file installer yang berupa file .deb.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi mengenai cara instal Foobnix music player menggunakan file .deb yang bisa kita unduh di situs resmi Foobnix. Proses instalnya cukup mudah dan cepat karena, file installer Foobnix berukuran kecil, tidak sampai 1 MB.

Cara Instal Foobnix (Music Player) Di Linux Mint

Cara Instal Foobnix Di Linux Mint 18


Cara instal Foobnix di Linux Mint 18 dapat juga kita terapkan di distro Linux Debian, Ubuntu dan turunannya yang menggunakan paket .deb untuk menginstal aplikasi. Linux Mint sendiri merupakan turunan dari distro Linux Ubuntu dan Debian. Ada empat edisi yang dimiliki oleh Linux Mint yaitu Cinnamon, Mate, Kde dan Xfce ditamabah dengan satu edisi bernama Linux Mint Debian Edtion yang berbasis pada Debian dengan menggunakan lingkungan desktop Cinnamon. Berikut ini selengkapnya cara instal Foobnix di Linux Mint 18 :

1. Download File Installer Foobnix


Kunjungi situs web foobnix.com dan lihat pada Menu Download http://foobnix.com/en/download.html. Terdapat tiga jenis file installer Foobnix yaitu DEB, RPM dan EXE dimana file yang akan kita download adalah file installer jenis DEB yang merupakan paket file standard distribusi Linux Debian. Sedangkan paket file installer RPM ditujukan untuk distro Linux Fedora dan EXE merupakan file installer untuk sistem operasi Windows. Jadi, Foobnix tidak hanya dapat di instal di Linux saja melainkan dapat juga di instal di sistem operasi Windows.

Cara Instal Foobnix (Music Player) Di Linux Mint
  • Klik tautan pada bagian DEB file
  • Lihat pada Package → Source
  • Plih paket Foobnix versi terbaru
  • Pilih file .deb Foobnix sesuai dengan tipe sistem operasi komputer yang digunakan
  • Simpan file di tempat penyimpanan komputer

2. Instal Foobnix Di Sistem Linux Mint


Ada dua cara untuk menginstal File .deb di dalam sistem operasi komputer Linux Mint yaitu menggunakan Aplikasi gdebi package installer atau melalui terminal linux.

a) Menggunakan GDEBI Package Installer
  1. Buka direktori tempat menyimpan file .deb Foobnix
  2. Klik dua kali pada file .deb atau klik kanan pada file .deb dan pilih buka dengan Gdebi package installer
  3. Klik tombol Install Package pada jendela Gdebi dan tunggu hingga proses pemasangan pemutar musik Foobnix selesai. Setelah itu keluar dari aplikasi Gdebi package installer
  4. Buka aplikasi pemutar musik Foobnix dan siap digunakan untuk memutar berbagai file musik dalam berbagai format (mendukung berbagai format audio bahkan video)
b) Melalui Terminal

Selain menggunakan aplikasi penginstal paket .deb, kita dapat menginstal Foobnix dengan menggunakan file installer .deb melalui terminal linux.
  1. Buka direktori tempat menyimpan file .deb Foobnix
  2. Klik kanan pada area kosong dan pilih Buka di Terminal
  3. Pada terminal linux, ketik perintah berikut ini :
sudo dpkg -i nama_file.deb

Atau bisa juga :

sudo dpkg -i *.deb

Setelah proses pemasangan pemutar musik Foobnix selesai, kita dapat langsung menggunakannya untuk memutar berbagai jenis dan format file audio melalui :

Menu > Suara & Video > Foobnix

Bila kita ingin menghapus/uninstall pemutar musik Foobnix, kita tinggal klik pada tombol Remove Package pada jendela Gdebi package installer atau bisa juga melalui terminal linux, ketik :

sudo apt-get remove –purge foobnix

Dan setelah itu ketik :

sudo apt autoremove

Untuk menghapus semua paket yang tidak memiliki dependencies

Fiture-Fiture Utama Foobnix Music Player


Berikut ini beberapa fiture utama dari pemutar musik Foobnix yang bisa kita lihat juga pada situs resmi Foobnix :
  1. Support CUE (termasuk wv dan iso.wv) dan yang terbaik di sistem linux
  2. Tersedia atau mendukung berbagai macam format suara (audio) , MP3, MP4, AAC, CD Audio, WMA, Vorbis, Flac, WavPack, WAV, AIFF, Musepack, Speex, AU, SND dan masih banyak lagi
  3. Support cross-format exporting (lintas format) untuk MP3, OGG, MP2, AC3, M4A dan WAV
  4. Scrobbler tag yang tersedia untuk musik dan radio
  5. Fiture pencarian dan putar musik dan video
  6. Equalizer
  7. Online download manajer musik
  8. Tombol Shortcut
  9. Dapat menampilkan cover album, lirik musik dan foto artis
  10. Terintegerasi dengan VKontakte (menampilkan semua teman yang terhubung dengan musik serta dapat mendownload musik dari Vkontakte Grup)
  11. Terintegrasi dengan Last.FM yang dapat memutar (play) dan menampilkan lagu-lagu terbaik, lagu-lagu terfavorit berserta artis nya.

Kesimpulan


Banyak sekali aplikasi pemutar musik terbaik linux, salah satunya adalah Foobnix ini. Memang tidak banyak aplikasi pemutar musik yang memiliki tampilan Tab Menu seperti Foobnix. Maka dari itulah bila kita menyukai tampilan menu yang rapi dan bersih, Foobnix bisa menjadi pilihan terbaik sebagai pemutar musik di sistem operasi komputer yang kita gunakan. Demikian cara instal Foobnix music player di sistem operasi Linux Mint 18.


EmoticonEmoticon