Wednesday 9 November 2016

Cara Copy, Paste Dan Cut Di LibreOffice Writer (Salin, Tempel dan Potong)

Tags

Cara Copy, Paste Dan Cut Di LibreOffice Writer - Copy Paste merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh para pengguna aplikasi text editor (pengolah kata), baik itu aplikasi perkantoran maupun penyunting teks biasa. Copy dan Paste dalam bahasa Indonesia disebut dengan Salin dan Tempel yang artinya bahwa teks yang sudah kita pilih akan disalin dan ditempel di tempat lain dalam halaman text editor.

Selain copy dan paste, aktivitas yang kerap kali kita lakukan dalam sebuah text editor adalah Cut dan Move atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Potong dan Pindah. Berbeda dengan salin dan tempel, potong dan pindah akan memindahkan teks yang sudah kita pilih ke tempat lain dalam halaman teks editor.

Perintah Salin (copy) akan membuat duplikat teks, sedangkan perintah Potong (cut) tidak membuat duplikat teks

Hampir semua text editor memiliki cara yang sama dalam melakukan copy, paste dan cut, termasuk di Writer yang merupakan aplikasi pengolah kata berbasis open source sebagai bagian dari LibreOffice. Melakukan copy dan paste bukanlah hal yang sulit dan perintah ini merupakan jenis perintah yang sering digunakan pada saat menggunakan aplikasi teks editor. Dengan demikian, kita akan terbiasa menggunakannya dan dalam waktu yang singkat pasti sudah mahir untuk melakukan copy, paste dan cut di LibreOffice Writer.

Terdapat beberapa cara untuk melakukan copy, paste dan cut di LibreOffice Writer dan ada opsi yang bisa kita pilih saat menyalin teks baik dari halaman LibreOffice Writer maupun yang bersumber dari luar LibreOffice Writer. Hampir semua text editor mendukung penggunaan copy dan paste teks antar aplikasi text editor dan hal ini dapat dilakukan dengan cukup mudah atau sama seperti saat kita melakukan penyalinan teks dalam satu halaman text editor.

Cara Copy, Paste Dan Cut Di LibreOffice Writer (Salin, Tempel dan Potong)

Menyalin, Menempel Dan Memotong Teks Di LibreOffice Writer


LibreOffice Writer sebagai salah satu dari beberapa komponen LibreOfice merupakan aplikasi pengolah kata yang mirip dengan MS Office (Windows). LibreOffice adalah aplikasi perkantoran yang berbasis open source dan dapat digunakan dalam berbagai platform (sistem operasi).

LibreOffice memiliki tampilan yang cukup simpel dan mudah untuk digunakan. Penggunaan copy, paste dan cut pun dapat dilakukan dengan sangat mudah apalagi bagi yang sudah terbiasa menggunakan LibreOffice Writer pasti dapat melakukan aktivitas ini dengan cepat dan lincah.

Penggunaan copy, paste dan cut didalam aplikasi perkantoran hampir sama dengan text editor yang lain. Copy (salin) biasanya identik dengan duplikat konten yang biasanya berupa simbol dua keping halaman text editor atau kertas (kotak). Sedangkan Paste (tempel) biasanya berupa simbol halaman editor (kertas) yang menempel pada sebuah papan (clipboard). Cut atau potong memiliki simbol berupa gambar gunting yang mana dalam kehidupan sehari-hari gunting digunakan sebagai alat potong untuk berbagai jenis benda.

A. Menyalin (Copy) Di LibreOffice Writer


Menyalin sebuah teks di dalam halaman LibreOffice Writer dapat dilakukan dengan dua langkah saja yaitu :

(1) Seleksi teks yang akan kita salin

(2) Klik tombol salin yang terdapat di menu toolbar LibreOffice Writer.

Kegiatan menyalin teks akan selalu diikuti dengan menempel teks yang mana kedua fungsi ini mirip dengan if dan else pada sebuah bahasa pemrograman. Kita hanya perlu melakukan copy atau penyalinan teks sekali saja untuk ditempel dibanyak tempat dalam sebuah halaman LibrOffice Writer.

Selain menggunakan tombol Copy yang terdapat di menu standard toolbars LibreOffice Writer, kita juga bisa memanfaatkan tombol shortcut keyboard untuk melakukan penyalinan teks. Tekan tombol Ctrl+C maka teks akan tersalin dan siap ditempel di tempat lainnya pada halaman LibreOffice Writer.

B. Menempel (Paste) Di LibreOffice Writer


Menempel memiliki arti meletakan teks ke dalam halaman teks editor. Kita tidak akan bisa menempelkan sebuah teks bila teks tersebut belum disalin. Seperti yang sudah saya utarakan di atas, bahwa menempel teks dilakukan setelah teks itu disalin dan kita dapat mempaste teks dalam jumlah banyak di tempat yang berbeda hanya dengan sekali menyalin teks. Gunakanlah tombol Paste yang berupa simbol kertas yang menempel pada sebuah papan (clipboard) atau tekan tombol Ctrl+v pada keyboard.

Ada opsi lain dari Paste yang bisa kita gunakan. Bila kita melakukan Paste teks dari sumber di luar LibreOffice Writer, misalnya dari sebuah halaman situs web, mungkin hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan karena semua format teks tersebut akan ikut terpaste (tertempel) atau dalam bahasa yang lebih mudah yaitu bahwa semua komponen dan format akan ikut tersalin dan mungkin tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. LibreOffice menyediakan fasilitas paste khusus yang disebut dengan Paste Special. Dengan paste special inilah kita dapat memilih hanya bagian teks saja yang disalin dan ditempel ke dalam halaman LibreOffice Writer.

(1) Klik kanan pada halaman LibreOffice Writer

(2) Pilih menu Paste Special lalu pilih pada bagian unformatted text

Cara lainnya untuk melakukan paste special adalah dengan klik pada anak panah di sebelah kanan tombol Paste di menu standard toolbars atau bisa juga dengan klik pada Menu > Edit > Paste Special

Cara Copy, Paste Dan Cut Di LibreOffice Writer (Salin, Tempel dan Potong)


Misalnya kita akan menyalin teks yang kita ambil dari halaman sebuah web. Pertama seleksi halaman web yang akan kita salin lalu Copy dan tempel pada halaman LibreOffice Writer dengan menggunakan Paste Special. Terlihat pilihan format teks berupa HTML (HyperText Markup Language) dan Unformatted Text. Pilih unformatted text untuk mendapatkan teks tanpa format.

C. Potong (Cut) Di LibreOffice Writer


Memotong teks digunakan bila teks tersebut tidak terpakai ditempat itu namun, masih digunakan ditempat lain di halaman LibreOffice Writer. Dalam kata lain, memotong teks sama dengan memindahkan teks. Aktivitas memotong teks memang akan selalu diikuti dengan memindahkan teks dan kita tidak akan bisa memindahkan teks apabila teks itu belum kita potong. Bila kita amati, memotong teks dan memindahkannya pada tempat lain hampir sama dengan menghilangkan teks lalu memunculkannya di tempat yang berbeda dalam halaman LibreOffice Writer. Kita dapat memotong teks dengan cara :

(1) Seleksi teks yang akan kita potong

(2) Potong teks dengan klik pada ikon Cut yang berupa gambar gunting di menu standard toolbars LibreOffice Writer atau dengan menekan tombol Ctrl+x pada keyboard

(3) Pindahkan teks dengan cara menempelnya pada tempat lain di halaman LibreOffice Writer dengan menggunakan fungsi Paste (Tempel)

Dalam melakukan salin, tempel dan potong teks mungkin tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan dan kita ingin mengembalikannya ke bentuk semula. Gunakanlah fungsi undo untuk membatalkan (kembali ke sebelumya) dan redo untuk menuju dalam kondisi sebelum dibatalkan.

Tips Menarik:
Bila kita menggunakan mouse (tetikus) yang memiliki roda scroll dan biasanya terletak ditengah, kita dapat melakukan copy paste dengan lebih mudah dan cepat yaitu cukup seleksi teks lalu letakan kursor teks pada tempat yang akan kita tempel teks dan setelah itu paste teks dengan menekan tombol scroll mouse (os linux mint)

Kesimpulan


Melakukan Copy, Paste dan Cut merupakan hal dasar dalam menggunakan text editor, baik itu pada LibreOffice Writer maupun di text editor lainnya. Sangat tidak mungkin bila seseorang sudah terbiasa menggunakan text editor namun tidak dapat melakukan Copy, Paste dan Cut. Yang perlu kita lakukan adalah membuat aktivitas Salin, Tempel dan Potong ini menjadi lebih efektif dengan memanfaatkan tombol-tombol shortcut dan fungsi di dalam LibreOffice Writer. Sekian dan salam LibreOffice.


EmoticonEmoticon