Wednesday 5 October 2016

Cara Merubah Unit Ukuran Dan Jarak TAB Di LibreOffice Writer Secara Umum

Tags

Merubah Unit Ukuran Dan Jarak Tab Di LibreOffice Writer - Ada berbagai macam ukuran panjang yang sering digunakan pada teknik digital, seperti : pixel, point, milimeter, centimeter, inchi dll. Begitu juga pada LibreOffice Writer, aplikasi perkantoran pengolah kata default Linux mint ini memiliki beberapa unit ukuran yang bisa kita ubah sesuai keinginan. LibreOffice tidak hanya berjalan di sistem Linux, melainkan dapat juga berjalan dengan baik pada sistem operasi komputer Windows dan juga Mac OS.

Ukuran panjang default LibreOffice Writer adalah Centimeter dan kita dapat melihatnya pada RULER yang terdapat pada halaman LibreOffice. Ruler atau lebih kita kenal dengan nama penggaris (alat ukur) dapat kita aktifkan/non aktifkan melalui Menu View --> Rulers (Vertical & Horizontal).

Unit ukuran pada Ruler sendiri dapat kita ganti secara private, tanpa perlu mengubahnya pada setelan unit ukuran secara umum. Untuk melakukan hal itu, Klik Kanan pada RULER lalu pilih salah satu unit ukuran yang kita inginkan.

Cara Merubah Unit Ukuran Dan Jarak TAB Di LibreOffice Writer Secara Umum

Mengubah Unit Ukuran Di LibreOffice Writer Secara Umum


Merubah unit ukuran pada LibreOffice Writer secara umum dapat kita lakukan melalui menu OPTION. Yang dimaksud umum disini adalah secara menyeluruh, bukan bagian tertentu saja. Hal ini dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Buka LibreOffice Writer
  2. Klik menu Tools --> Options
  3. Pada jendela Options, Pilih LibreOffice Writer
  4. Klik pada setelan General lalu lihat pada bagian Measurement unit
  5. Ganti unit ukuran (Centimeter) dengan unit ukuran lainnya (milimeter, inchi, pica dan point) sesuai dengan yang kita inginkan
  6. Klik tombol OK
Untuk memastikan apakah kita berhasil merubah setelan unit ukuran pada LibreOffice Writer atau tidak, lihat pada RULER. Bila berhasil maka ruler menggunakan unit ukuran yang telah kita tentukan. Selain itu, kita juga dapat melihat unit ukuran pada properties tabel, draw function atau elemen lainnya pada LibreOffice Writer.

Sebagai contoh, coba anda buat tabel sembarang pada halaman LibreOffice Writer. Klik kanan lalu Pilih Table Properties. Kini semua unit ukuran sudah menggunakan unit ukuran yang telah kita tentukan pada measurenment unit.

Mengatur Jarak TAB


Selain merubah unit ukuran, kita juga dapat merubah jarak fungsi TAB pada keyboard. Ketika kita menggunakan tombol TAB pada keyboard, maka kita akan mendapatkan jarak tertentu (menjorok ke dalam) pada halaman LibreOffice Writer. Jarak inilah yang dapat kita ubah nilainya sesuai keinginan dan kebutuhan. Masih pada setelan umum LibreOffice Writer (Tools > Options > LibreOffice > Writer > General), lihat pada bagian Tab Stops, silahkan atur nilainya sesuai keinginan.

Demikian cara merubah Unit Ukuran dan Jarak TAB pada LibreOffice Writer Secara Umum, semoga bermanfaat dan menambah kemampuan kita dalam menggunakan LibreOffice Writer sebagai aplikasi perkantoran berbasis open source yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan pengguna komputer. Sekian dan terima kasih.


EmoticonEmoticon